23 Nov 2023

Menuliskan Doa di Malam Jumat untuk Dibaca dengan Khdimat


SESUNGGUHNYA tiap hari dan tiap malam dapat saja kita berdoa. Kapan saja tanpa harus membeda-bedakan hari. Tidak juga mesti membeda-bedakan tempat kecuali di tempat-tempat yang ditentukan Allah, itu adalah tempat mustajab. Itu boleh saja ada perbedaan. 

Para ulama dengan mengutip panduan Rasulullah menganjurkan untuk berdoa di malam tertentu, yaitu malam Jumat, misalnya. Dikatakan, sebagaiman dinukil dari hadits Nabi, jika doa dibaca di malam Jumat, lalu berpulang ke rahmatullah di malam itu, maka Allah akan memasukkannya ke dalam syurga.

Adapun doa yang dibacakan itu adalah sebagaiberikut (dalam bahasa Indonesia). Sebisanya dibacakan dalam bahasa aslinya (bahasa Arab) itu lebih baik:

Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan kecuali Engkau.

Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasib ku berada di tangan-Mu.

Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai dengan kemampuanku.

Aku berlindung dengan rida-Mu dari keburukan perbuatanku.

Aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku.

Maka ampuni dosa-dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.

Dianjurkan untuk membaca doa itu sebanyak tujuh kali sebelum kita tidur. Semoga Allah mengakhiri hidup kita dengan husnul khotimah, amin. Mari kit abaca di malam Jumat untuk kiranya mendapat khdimat.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar