1 Nov 2023

Muscab V Kwarcab Karimun Menetapkan Kak Anwar Sebagai Kakwarcab 2023-2028


Catatan M. Rasyid Nur

PELAKSANAAN Muscab (Musyawarah Cabang) Gerakan Pramuka Kwarcab (Kwartir Cabang) Pramuka Kabupaten Karimun berjalan sesuai rencana, Sabtu-Ahad (28-29/10/2023) kemarin. Muscab dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Karimun yang juga sebagai Ketua Kwarcab Karimun, H. Anwar Hasyim, MSi. Dia juga sekaligus yang menutup dengan resmi di akhir Muscab.

Muscab dilaksanakan di Ruang Pertemuan Hotel Tanjung Gelam, Tanjungbalai Karimun. Hadir pada Muscab V antara lain Ketua Harian Kwarda (Kwartir Daerah) Provinsi Kepri, Kak Ir. Lamidi, Kakwarcab yang sekaligus sebagai Wakil Bupati Karimun. Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos MSi tidak bisa hadir untuk membuka Muscab karena sedang bertugas di luar daerah. Sekda yang di kepengurusan adalah Ketua Harian Kwarcab Karimun pun tidak dapat hadir karena mewakili Bupati dalam satu acara lain di Gedung Nsional.

Di luar pengurus Kwarcab yang diikutkan dalam Muscab --sebagai peserta dan peninjau-- hadir pula beberapa orang pejabat kabupaten. Sedangkan peserta Muscab lainnya adalah perwakilan Kwarran se-Kabupaten Karimun. Setiap Kwarran diundang dan diikutsertakan sebagai peserta sebanyak 5 orang.
Agenda Muscab adalah laporan pertanggungjawaban kepengurusan masa bakti 2018-2023 dan pemilihan kepengurusan Kwarcab masa bakti 2023-2028. Muscab sendiri, sesuai Buku Panduan yang telah disusun diawali dengan Sidang Pleno I (Pleno Pendahuluan) yang dipimpin oleh panitia. Panitia ini adalah pengurus masa bakti 2018-2023.

Setelah terpilih pimpinan sidang pleno berikutnya sebagai presidium sidang maka sidang-sidang selanjutnya dipimpin oleh presdium yang terpilih. Ada lima orang yang diberi amanah untuk pimpinan sidang ini. Kelima presidium ini bergantian menjadi pimpinan sidang dalam sidang-sidang pleno lanjutan. Termasuk ketika akan membentuk komisi-komisi untuk sidang komisi.

Pelaksanaan sidang-sidang pleno dengan agenda yang sudah ditetapkan dalam Buku Panduan berjalan lancar. Laporan pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan selama lima tahun kepemimpinan Kak Anwar Hasyim diterima oleh setiap Kwarran yang diberi kesempatan memberikan tanggapan terhadap laporan pertanggungjawaban itu. 


Agenda terakhir dari beberapa agenda yang sudah disepakati adalah pemilihan Ketua Kwarcab sekaligus menjadi Ketua Tim Formatur. Setelah melalui mekanisme pemilihan Ketua Kwarcab akhirnya peserta Muscab sepakat secara aklamasi memilih Kak Anwar sebagai Ketua Kwarcab masa bakti 2023-2028. Artinya Kak Anwar diberi amanat sekali lagi memimpin Kwarcab Kabupaten Karimun. Dipilih secara aklamasi karena calon ketua hanya ada satu orang saja.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar