10 Jan 2024

Menyaksikan Haflah Tilawah dan Tahfizhul Quran di Gedung Nsional


Catatan M. Rsyid Nur
INILAH pertama kali dalam ingatan saya kegiatan seperti ini dihelat LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) di Karimun. Kegiatan Haflah Tilawah dan Hifzhul Quran, ini adalah program kegiatan LPTQ untuk tahun 2023. Namun karena berbagai kesibukan pengurus maka baru hari Rabu (10/01/2024) ini kegiatannya terlaksana.

Bertempat di Gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun, kegiatan Haflah Tilawah dan Hifzhul Quran diikuti oleh para siswa-siswi pembaca dan penghafal alquran di Pulau Karimun. Diambil dan dipilih dari siswa-siswi beberapa sekolah di kota ini. Untuk qori-qoriah, hafizh-hafizhoh yang ditampilkan adalah mereka yang sudah pernah menjadi wakil Kabupaten Karimun di ajang MTQ Provinsi Kepri bahkan ada juga yang sudah sampai di MTQ Nasional.

Setelah dibuka MC, Fahrul Rozi acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Karimun, dan Solawat Busyro diteruskan Sambutan Laporan oleh Ketua Harian LPTQ, H. Syamsul Arif selaku Ketua Panitia Pelaksana. 

Ketua Harian LPTW dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan atau menularkan pengalaman dan pengetahuan para qori-qoriah, hafizh-hafizhah yang sudah berpengalaman di ajang tingkat provinsi atau nasional. Mereka tampil di hadapan ratusan peserta yang menyimak bacaan mereka. Dari situ diharapkan para peserta termotivasi dan terinspirasi untuk mampu seperti mereka yang tampil di hadapan mereka.

Wakil Bupati yang juga sebagai Ketua Umum LPTQ, H. Anwar Hasyim membuka secara resmi kegiatan ini. Dalam sambutan pengarahannya Anwar Hasyim menyatakan penghargaan setinggi tingginya kepada LPTQ Kabupaten Karimun atas penyelenggaraan kegiatan ini. Seperti sudah disampaikan ketua dalam laporannya, awalnya kegiatan ini direncanakan pada tahun 2023.  Namun karena kesibukan baru terlaksana hari ini. Dengan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan dan lebih mendekatkan Haflah dan Tahfiz ini kepada masyarakat khususnya para siswa. 

"Selama ini Kabupaten Karimun sudah berkontribusi di ajang Nasional melalui Provinsi Kepri. Untuk itu perlu Haflah dan Tahfizul Quran ini diperkenalkan dan lebih didekatkan kepada masyarakat melalui kegiatan ini," katanya. Kepada para peserta Wabup menyampaikan harapan kepada generasi hari ini untuk menyerap dan mempelajari apa yang sudah dicapai oleh para qori-qoriah yang akan tampil nanti," katanya berharap.

Lebih jauh dia mengatakan, kita kembangkan minat dan bakat qori qoriah, hafiz hafizah yang ada saat ini untuk meneruskan langkah yang sudah ditempuh qori-qoriah, hafizh-hafizhoh yang akan tampil ini. "Saya titipkan para peserta ini kepada Ketua Harian untuk mendapatkan bimbingan dan latihan dalam kegiatan seperti ini." Demikian Wakil Bupati menegaskan. Selanjutnya, dengan membacakan bismillah...Pak Wabup membuka secara resmi kegiatan ini.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar