11 Jan 2024

Lagi, Haflah Tilawah dan Hifzhul Quran LPTQ Kabupaten Dihelat


SETELAH dilaksanakan di Pulau Karimun satu hari sebelumnya, Kamis (11/01/2024) ini kembali dilaksanakan di Pulau Kundur, tepatnya di Islamic Center Tanjungbatu, Kundur. Kegiatan Haflah Tilawah dan TahfizulQuran yang merupakan program LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kabupaten Karimun tahun 2023 dapat dilaksanakan di dua lokasi, Pulau Karimun dan Pulau Kundur.

Hadir pada acara kali ini antara lain, Staf Ahli Bupati Karimun, H. Ramli dan Isnaeni. Selain itu, dari kabupaten juga hadir Ketua FKUB Kabupaten Karimun yang juga Wakil Ketua Harian, M. Rasyid Nur. Dari Kundur sendiri hadir Camat Kundur, Danramil dan beberapa orang pejabat tingkat kecamatan di Kecamatan Kundur.

Proesi acara, seperti biasa diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Karimun dan Solawat Busyro. Lalu laporan Ketua Harian selaku Ketua Panitia pelaksana, H. Syamsul Arif. Dalam sambutannya Ketua Harian menjelaskan latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini. "LPTQ ingin lebih mendekatkan cabang tilawah dan tahfiz ini kepada masyarakat Kabupaten Karimun, melalui kegiatan ini." Begitu dia menjelaskan. Sementara tema kegiatan ini dijelaskannya, Melalui Tilawah dan Tahfizul Quran Kita Tingkatkan Kecintaan Terhadap Seni Baca dan Haflah Al-Qur'an' yang juga tercantum pada spanduk yang terpasang di depan itu. 

Hal lain yang disampaikannya adalah bahwa kegiatan ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2023 yang lalu, namun karena banyaknya kegiatan baru awal tahun 2024 ini terlaksananya. Dikatakannya bahwa anggaran kegiatan ini adalah anggaran tahun lalu. "Ada beberapa cabang yang akan dilombakan di MTQ seperti murotaal mujawad dan lainnya. Cabang-cabang itu perlu kami jelaskan karena mungkin masih tergolong bagi sebagian peserta," jelasnya.

Ujtuk itu pada kegiatan ini akan ditampilkan para qori qoriah berprestasi dan yang sudah kategori legendaris di Kabupaten Karimun dengan membawakan bacaan dalam cabang yang dijelaskannya itu.
Katanya lagi, kegiatan ini akan menjadi momen dan motivasi peserta untuk berlatih lebih gigih.

Pengarahan Wakil Bupati Karimun sekaligus sebagai Ketua Umum LPTQ Kabupaten Karimun, H. Anwar Hasyim, MSi di bagian, dia menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi Pemda kepada LPTQ Kabupaten Karimun yang telah melaksanakan kegiatan ini. "Setelah semalam di Karimun hari ini dilaksanakan di Tanjungbatu Kundur. Ke depan diharapkan dapat terlaksana di semua kecamatan se-Kabupaten Karimun." Demikian permintaan Wakil Bupati dalam sambutannya. 

Katanya lagi bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi momen bagi peserta untuk lebih mengenal dan lebih dekat dengan alquran. Harapan itu akan berlanjut dengan lebih cintanya kita kepada alquran.  "Dengan rasa cinta kepada alquran akan berkembang potensi untuk menjadi qori-qoriah berprestasi ke depannya." Prestasi ini akan mengantarkan peserta untuk mampu bersaing di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Demikian Pak Anwar menyampaikan harapannya dalam sambutannya. Sebelum menutup pidato dia membuka secara resmi kegiatan Haflah Tilawah dan Tahfizul Quran Tahun 2023 ini.*** (M. Rasyid Nur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar