4 Mar 2024

Pertemuan Bulanan 'Kelompok Haji 2018' Dua Kali dalam Sepekan


PERTEMUAN bulanan Kelompok Haji Alumni Tahun 2018 (musim haji 1438 H) periode bulan Maret 2024 dilaksanakan di rumah Bu Hj. Ely (Lubuk  Semut, Tanjungbalai Karimun), Ahad (03/03/2024) bersamaan 22 Syakban 1445. Padahal sepekan lalu, tepatnya Ahad (25/02/2024) petang pertemuan yang sama baru saja digelar. Pertemuan edisi Februari, ini dilaksanakan di rumah Bu Hj. Rini, Kampung Baru, Meral. 

Pertemuan bulanan kelompok haji 2018, ini sejatinya dilaksanakan di akhir bulan di setiap bulannya. Itulah kesepakatan yang diambil di awal terbentuknya Kelompok Haji Alumni 2018 dua tahun lalu. Pertemuannya sendiri disepakati setiap hari Ahad dari rumah ke rumah anggota. Mengingat di Ahad pekan pertama adalah pertemuan IPHI Kecamatan, di pekan kedua pertemuan IPHI Kabupaten sementara di pekan ketiga kelompok haji 2007 (1427 H) maka kelompk haji 2018 disepakati di pekan keempat atau kelima. Intinya hanya satu kali dalam setiap bulan dan dilaksanakan di pekan keempat itu.

Untuk periode Februari 2024 sudah benar waktunya, 25 Februari itu. Di akhir bulan. Hanya saja pertemuan di bulan Maret itu yang tidaki sesuai jadwal kesepakatan awal. Maka terjadilah dua pertemuan bulanan dalam rentang waktu satu pekan atau satu minggu. Hal itu karena pertemuan bulan Maretnya dilaksanakan pada Ahad 3 Maret itu sementara Februari sudah sesuai ketentuan.

Alasan tuan rumah pertemuan edisi Maret adalah karena ingin menjadikan pertemuan itu sebagai pertemuan menyambut hadirnya bulan suci, Ramadhan. Jika dibuat sesuai ketentuan (di akhir bulan) otomatis sudah dalam bulan puasa. Acaranya menajdi acara berbuka bersama. Boleh saja kalau mau. 

Anggota lainnya tidak keberatan dihelat di awal Maret. Akhirnya terjadilah pertemuan sampai dua kali dalam waktu hanya satu pekan. Tetap tidak masalah, karena tujuan utamanya adalah menjaga dan memelihara silaturrahim diantara anggota dan keluarga.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar