19 Apr 2024

Gubernur Kepri Membuka Resmi MTQ Kabupaten Karimun


SELASA (16/04/2024) malam, Gubernur Kepri (Kepulauan Riau), H. Ansar Ahmad, SE MM membuka secara resmi MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) ke-16 Kabupaten Karimun Tahun 2024 di lapangan Putri Kemuning, Coastal Arrea, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun. Pembukaan dihadiri oleh beberapa pejabat Provinsi mendampingi gubernur dan para pejabat Kabupaten Karimun.

Selain Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si, Wakil Bupati, H. Anwar Hasyim, M Si dan Sekda Kabupaten Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, M Si juga hadir para pejabat teras kabupaten, antara lain pimpinan Forkopimda, Kepala Kanwil Khusus Beacukai Kepri di Karimun, Kakankemenag, Ka Jari, Ka PA dan para tokoh masyarakat serta tokoh agama. Masyarakat sendiri memenuhi sisi kiri dan kanan lapangan kegiatan.

Acara Pembukaan diawali dengan persembahan tari oleh salah satu sanggar di Kota Karimun setelah sebelumnya devile kafilah setiap kecamatan se-Kabupaten Karimun. Acara inti diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Karimun dan Solawat Busyro. Selanjutanya pidato-pidato laporan panitia, sambutan bupati dan pengarahan gubernur.

Laporan Panitia disampaikan oleh Sekda Kabupaten Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, M Si dengan menyampaikan dasar kegiatan, tujuan, waktu dan tempat serta tema kegiatan. Adapun tema yang diangkat untuk acara ini adalah “Dengan MTQ XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024, Kita Wujudkan SDM yang Qurani dalam Kehidupan Masyarakat Karimun yang BERSIH (Beriman Sehat Indah, Harmoni) dan Madani”.

Pelaksanaan MTQ XVI, ini akan berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 16 hingga 21 April 2024 dan diikuti oleh 272 peserta dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Karimun. Demikian disampaikan Pak Sekda selaku Ketua Umum pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Karimun 2024. Dilaporkannya bahwa beberapa cabang yang dilombakan antara lain, Cabang Tilawah golongan anak-anak, remaja dan dewasa, termasuk tartil quran. Selain itu ada Cabang Tahfiz, Fahmil dan Syarhil Quran. Sementara beberapa cabang lainnya tidak dilombakan tapi hanya melalui pembinaan dan seleksi tersendiri.

Gubernur Kepri dalam pengarahannya menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 bersempena masih bulan Syawal. Demikian juga Bupati Karimun dalam sambutannya menyampaikan ucapan yang sama. Ansar memberikan sambutan pengarahan setelah Aunur Rafiq memberikan kata sambutannya selaku bupati.

Dalam pengarahannya Ansar mengajak semua peserta dan masyarakat untuk memaknai MTQ ini sebagai momentum penting untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an. Sesungguhnya Al-Quran dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kecintaan kepada Allah. Sebagai umat beriman, kita harus mencintai dan dekat dengan Sang Khaliq yang menurunkan alquran untuk umat manusia. Demikian gubernur memberikan beberapa pesannya.

Kepada Dewan Hakim, gubernur menekankan pentingnya amanah dan tanggang jawab serta kejujuran dalam memberikan penilaian. Dengan sikap seperti itu akan wujud MTQ yang berkualitas. Hasil-hasilnya juga akan berkualitas. Gubernur berharap dengan MTQ ini akan muncul para peserta yang akan tampil gemilang hingga ke provinsi dan nasional nantinya.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad akhirnya meresmikan pembukaan MTQ XVI Tingkat Kabupaten Karimun 2024 secara resmi dengan ditandai pemukulan bedug. Ansar didampingi Bupati Karimun, Wakil Bupati, Sekda dan beberapa pejabat teras lainnya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar