25 Apr 2024

Musrenbang RPJDP Karimun 2025-2045 Dibuka Bupati


KEBETULAN saya ikut Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kabupaten Karimun tahun 2024, Kamis (25/04/2024) di Ruang Rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun. Saya ikut sebagai perwakilan dari Ormas (Organisasi Masyarakat). Saya mewakili FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Karimun. Saya lihat di ruangan ini selain Bupati, Dr. H. Aunur Rafiq dan Sekda, Dr. H. Muhammad Firmansyah juga para pimpinan Forkopimda sebagai undangan. 

Sebagai peserta adalah para pimpinan OPD Kabupaten Karimun selain beberapa pimpinan Ormas yang ikut diundang. Di layar monitor hadir secara daring para Kades se-Kabupaten Karimun, para Camat dan para narasumber dari Provinsi Kepri dan Provinsi Riau. Mereka yang menjadi peserta menyimak melalui layar sementara sebagai narasumber menyampaikan materinya via zoom itu.

Setelah prosesi acara pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Karimun dan Solawat Busyro serta doa dilanjutkan laporan Ketua Panitia Pelaksana yang adalah Kepala Baperlitbang Kabupaten Karimun, Fajar Horison. Selanjutnya penyampaian materi oleh Bupati Karimun. Saya catat setidak-tidaknya ada sembilan isu strategis disampaikan sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Karimun tahun 2025-2045 ini.

Dikatakannya, isu-isu strategis seperti infrastruktur publik yang mantap dan merata, ekosistem berkelanjutan, tata kelola pemerintahan yang baik, peningkatan SDM, pengembangan pariwisata ekonomi kreatif, pembangunan dan pemerataan ekonomi, pengelolaan persampahan disampaikan bupati sebagai hal penting yang dipakai menjadi dasar penyusunan RPJDP ini. Masih ada tambahan seperti  peningkatan iman dan taqwa, optimalisasi pengelolaan kualitas lingkungan hidup dan pengurangan resiko bencana.

Bupati Karimun, Dr. Aunur Rafiq, itu menekankan bahwa RPJPD 2025-2045 yang akan disusun ini akan menjadi tolok ukur bagi proses penyusunan rancangan teknokratik RPJMD 2025-2029 bagi para kontestan pemilihan kepala daerah 2024 dalam menyusun formulasi visi dan misinya. Dari situ pula akan disusun Rencana Kerja setiap komponen di lingkungan Pemda Kabupaten ini. 

Sebagai peserta mewakili Ormas saya lebih banyak mendengar dan berusaha memahami saja apa yang disampaikan, baik oleh Narasumber di ruangan maupun narasumber di layar (daring) itu. Harapan kita, semoga rencana jangka panjang ini akan mengantarkan Karimun ke kemajuan yang lebih hebat lagi.*** (M. Rasyid Nur)


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar