6 Mei 2024

Karimun Pecung Moro Perjalanan Seharian

SATU hari Ahad (05/05/2024) ini tiga lokasi kami jejaki untuk dua titik yang dikunjungi, Karimun, Pecung dan Moro. Dari Karimun menuju ke Pecung, salah satu kelurahan di Kecamatan Belakang Padang, Batam. Dari sini bergerak ke Moro, Kecamatan Moro.

Hari ini, bupati Karimun, H. Aunur Rafiq mengajak beberapa orang mendampinginya ke Pecung. Katanya memenuhi undangan walimatul 'ursy warga di sini yang merupakan tokoh masyarakat Pecung yang sejak lama sudah menjalin hubungan saliturrahim dengannya. "Ada undangan sejak dua minggu kemarin di Pecung. Kita pergi memenuhi undangan itu," katanya kepada kami yang diajak ikut.

Selain lima orang tokoh agama/ tokoh masyarakat bupati menyertakan dalam rombongannya ajudan dan fotograper. Ada 15 orang kami berangkat dari Karimun menggunakan kapal motor ukuran sedang. Duduk di bagian dalam (berkursi) sebanyak 8 orang sementara sisanya ada yang berdiri dan pula yang duduk di ruang lainnya.

Menjelang siang kami sudah sampai di Pulau Pecung. Kami berkunjung ke rumah 'sohibul hajat' yang sudah menunggu rombongan kami di rumah. Penganten masih di pelaminan saat kami tiba di lokasi. Setelah makan siang dan berfoto-foto kami pamit untuk kembali ke kapal. Namun sebelum meninggalkan Pecung kami menuju masjid untuk salat.

Perjalanan Pecung ke Moro adalah tujuan perjalanan kami selanjutnya. Kata bupati, malam ini kami akan menghadiri acara Halal Bilhalal warga Kampung Benteng, Moro. Masih di bulan Syawal, Idul Fitri 1445 acara Halal Bilhalal ini ditaja oleh warga Kampung Benteng dengan koordinasi Camat Moro.
Tepat pukul 15.10 kapal kami sudah merapat di Pelabuhan Moro. Kami meneruskan ke Home Stay MJ yang berlokasi di Kampung Benteng. Home stay ini terbilang baru. Dalam satu tahun terakhir ini. Kami tidak menginap di hotel. Jika harus bermalam di Moro, rombongan kami akan menginap di Home Stay ini.

Tapi ternyata karena cuaca bagus dan teduh, kami tidak jadi bermalam di Moro. "Kita balik ke Balai malam nanti. Kelihatannya cuaca bagus," kata Bupati memberi penjelasan kepada kami sore menjelang magrib. Maka sehabis acara halal bilhalal kami menuju ke Pelabuhan Moro untuk melanjutkan perjalan ke Karimun. Jadi, satu hari ini tiga lokasi kami jejaki, Karimun, Pecung dan Moro.*** (M. Rasyid Nir)