MUI Kabupaten Adakan Kegiatan Pembinaan Pemberdayaan Ekonomi Umat

TANAIKARIMUN.COM -BERTEMPAT di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karimun, Sabtu (12/10/19) lalu telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan Pemberdayaan Ekonomi Umat yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat, MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Karimun.

Ketua MUI Kabupaten Karimun, Drs. H. Kholif Ihda Rifai kepada Tanaikarimun.com menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rencana program MUI yang merupakan hasil Rakerda. "Setiap komisi telah menyusun rencana kegiatan untuk dilaksanakan pada tahun 2019 ini," jelasnya. Lebih lanjut dia katakan bahwa sampai saat ini untuk tahun anggaran sekarang belum semua komisi melaksanakan programnya.

Untuk kegiatan Pembinaan Pemberdayaan Ekonomi Umat ini diikuti oleh beberapa kelompok antara lain dari Kelompok Usaha 212, BKMT dari empat Kecamatan di Pulau Karimun. Ikut juga dari Muslimat NU, Aisyiah Muhammadiyah. "Keseluruhan peserta berjumlah 56 orang," kata Kholif menambahkan.

Dijelaskannya juga bahwa kegiatan Pembinaan Pemberdayaan Ekonomi Umat ini adalah untuk proses produksi makanan seperti roti bakar / open yang halal dan bergizi sesuai dengan syariat Islam. Sebagai lembaga agama yang berfungsi mengayomi dan mengawal umat dalam beragama, maka kegiatan ini menjadi penting untuk dilaksanakan.

Adapun narasumber yang memberikan materi adalah, 1) Drs. H. Kholif Ihda Rifai (Ketua MUI) dengan materi 'Proses dan Prosedur Pengurusan Sertifikat Halal' serta 2) Drs. H. Riadul Afkar (Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat, MUI Kabupaten) dengan materi 'Manajemen Pengembangan Usaha'. Ikut juga menjadi narasumber, 3) Syarifah, Spd dengan mataeri 'Memilih Bahan yang Baik dan Cara Membuat Roti Oven.'***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: