BAZNAS Karimiun Dapat Bantuan Ambulance Laut dari PT Timah

Pertama di Indonesia

TANAIKARIMUN.COM, KARIMUN – BAZNAS Kabupaten Karimun mendapat bantuan satu unit kapal, ambulance laut, Rabu (03/06/2020) yang diserahkan langsung oleh pimpinan PT Timah Tbk Wilayah Operasional Kepri dan Riau, Pak Adam Darmawan. General Manajer itu menyerahkan secara simbolik kepada Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq untuk selanjutnya bupati menyerahkannya kepada Ketua BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Karimun, H. Nasrial. 

Tentu saja ini menjadi catatan penting bagi BAZNAS Kabupaten Karimun. Inilah sejarah bagi BAZNAS Kabupaten Karimun, mendapat bantuan satu unit kapal, berupa kapal Ambulance Laut. Kapal berukuran panjang 13-an meter itu adalah kapal pertama dimiliki BAZNAS berupa kapal Ambulance Laut di Indonesia.

Kapal Ambulance Laut ini adalah bantuan PT Timah Tbk yang salah satu lokasi operasinya berada di Kabupaten Karimun. “Kapal ini adalah bantuan dari karyawan/ wati PT. Timah Bangka Belitung dan Karimun Kepri yang uangnya dari kutipan (pembayaran) zakat profesi 2.5 persen gaji mereka yang dipotong setiap bulan,” kata GM  PT Timah Tbk Wilayah Operasional Riau Kepri itu dalam sambutannya saat acara seremoni penyerahan kapal Ambulance Laut di Gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun. Secara simbolik pimpinan PT Timah menyerahkan kapal itu kepada Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq yang selanjutnya oleh bupati diserahkan kepada Ketua BAZNS Kabupaten Karimun, H. Nasrial.

Menariknya adalah program pengadaan Ambulance Laut oleh BAZNAS, ini adalah untuk pertama di Indonesia. Dipilihnya BAZNAS Kabupaten Karimun adalah karena Kabupaten Karimun terdiri dari pulau-pulau kecil yang dihuni masyarakat. Dengan adanya Ambulance Laut ini diharapkan dapat mengatasi masalah transportasi bagi pasien dari masyarakat miskin yang harus dirujuk ke RSUD di Ibukota Kabupaten. Demikian Ketua BAZNAS Kabupaten Karimun, H. Nsrial saat memberikan sambutan pada acara penyerahan di Gedung Nasional.

Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq saat memberikan sambutan dan pengarahan mengatakan rasa gembira dan bangganya atas dipilihnya Kabupaten Karimun oleh PT. Timah BAZNAS sebagai daerah untuk menerima bantuan kapal ini. “Kita senang menerimanya. Tapi kita juga berpikir bahwa operasionalnya ke depan justeru akan lebih berat dan menjadi tantangan kita bersama.” Begitu bupati  menjelaskan dalam pidato sambutan dan pengarahannya. Biaya operasional kapal ini ternyata cukup besar.

Seperti dijelaskan oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Karimun bahwa operasional kapal Ambulance Laut ini kurang lebih Rp 1,3 M per tahunnya. Dana sebesar itulah yang dikhawatirkan, apakah akan terpenuhi. Begitu bupati memberikan penjelasan. Namun dia yakin, jika semua kita, Pemerintah dan para donator yang rezekinya dilebihkan Allah bersedia terus memberikan bantuannya, maka operasional kapal ini akan dapat diatasi.

Bupati, “Diharapkan nanti tidak ada masyarakat miskin yang kesulitan untuk dibawa ke Rumah Sakit rujukan ketika harus berangkat dari daerah (desa) tempat mereka berada di pulau-pulau sana,” jelasnya. “Hasil zakat ini tentu saja akan diberikan kepada para mustahiknya,” katanya lagi mengingatkan pengurus BASNAS dan para operator Ambulance Laut ini. Semoga kapal Ambulance Laut pertama di Indonesia, ini nanti akan disusul oleh daerah-daerah lain di Tanah Air yang juga terdiri dari pulau-pulau.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: