27 Des 2021

Pengukuhan MTP IPHI dan Pengurus IPHI


ADA dua kegiatan dalam satu acara, Ahad (26/12/2021) kemarin di Gedung Balai Haji, Tebing, Kabupaten Karimun. Pertama pengukuhan MTP (Majelis Taklim Perempuan) IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun dan yang kedua pengukuhan pengurus IPHI Cabang Kecamatan Meral, Karimun. Kedua-duanya dikukuhkan oleh Ketua IPHI Kabupaten Karimun, H. Haris Fadhillah, S Ag.
 
Terhitung hari itu, Hj. Khairiyah resmi memimpin MTP IPHI Kabupaten Karimun bersama para pengurus lainnya, dan Abdurrahman Gab bersama pengurus lainnya memimpin IPHI Cabang Kecamatan Meral. Kedua-duanya untuk masa bakti yang sama, periode 2021-2026. Dengan pengukuhan ini resmilah kepengurusan mengelola organisasi masing-masing.

Dalam kesempatan itu Pak Haris Fadillah menyampaikan beberapa pesan. Harapannya agar Ketua PC IPHI Kecamatan Meral dapat memenuhi lima ikrar yang diucapkan saat pelantikan itu. Selain itu harus menjalin kebersamaan yang baik dengan pihak-pihak lainnya, saling mendukung dalam melaksanakan program-program kerja dan tugas pengurus yang sudah diamanahkan.

“Jadikanlah IPHI ini sebagai wadah yang aktif dalam mewujudkan haji yang mabrur sepanjang hayat. Mari kita laksanakan ini sebaik-baiknya untuk mewjudkan haji mabrur sepanjang hayat. Untuk itu harus melaksanakan konsep hablumminallah dan hablumminannas,” pesannya dalam pidato  sambutannya.

Pak Harris juga mengatakan dalam agenda pelantikan ini disejalankan dengan pendistribusian sembako bagi kaum dhuafa, yang merupakan program dari MTP IPHI dan telah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Anggaran kegiatannya bersumber dari infaq dari para pengurus, yang menyisihkan rizkinya sebesar Rp1000 setiap hari ke kas organisasi.

Kegiatan bagi-bagi sembako dilaksanakan dalam setiap bulan dari infaq pengurus, berapa uang terkumpul setiap bulannya, akan langsung dibelikan keperluan dapur bagi kaum dhuafa dengan nilai Rp100.000 dan diberikan kepada orang yang berbeda-beda setiap bulannya. Begitu dia menjelaskan.

“Untuk MTP IPHI ini baru ada di Pulau Karimun dan pengurusnya belum mampu menjangkau pulau-pulau di luar Pulau Karimun, sehingga dalam kegiatan bagi-bagi sembako juga baru sekitaran empat Kecamatan yang ada di pulau ini. Yang dilaksanakan setiap tanggal 25,” ujarnya.

Disamping itu, Ketua IPHI Kabupaten itu menjelaskan bahwa MTP IPHI juga telah mengagendakan kegiatan terbaru yang peduli dengan sesama, yakni program menyantuni anak tidak mampu atau anak yatim yang bersekolah.

Berbagai macam kegiatan tersebut menurutnya, tentunya dalam rangka mewujudkan haji mabrur sepanjang hayat. Untuk itu ia berpesan kepada para pengurus baik IPHI maupun MTP, agar dapat berkembang dan profesional secara mandiri. Peduli dengan umat-umat di sekeliling kita, terutama kepada dhuafa dan anak yatim. Demikian dia menambahkan.

“Selamat kepada PC IPHI Kecamatan Meral dan PD MTP IPHI Kabupaten Karimun yang baru saja dilantik. Teruslah tingkatkan kebesamaan dalam meningkatkan organisasi. Jalin silaturahmi dan selalu merangkul organisasi Islam lainnya, seperti Muslimat NU, Aisiyah atau organisasi lainnya yang ada,” pungkasnya. Demikian Pak Ketua IPHI menutup sambuatannya sambil membacakan beberapa bait pantun.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar