6 Jan 2022

Catatan Kecil Kegiatan Kursus Pengelolaan Kwartir


SELAMA tiga hari, di akhir tahun dan di awal tahun, 31/12/2021 s.d. 02/01/2022 lalu telah dilaksanakan kegiatan Kursus Pengelolaan Kwartir se-Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun. Kegiatan dilaksanakan di Sekretariat Kwarcab (Kwartir Cabang) Pramuka Kabupaten Karimun, Bati, Tebing Karimun. Diikuti oleh pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Pramuka Kecamatan se-Kwarcab Pramuka Karimun, kecuali dua Kwarran. Seperti dijelaskan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Kak Riauwati, "Dari 12 kecamatan yang diundang, hanya 10 kecamatan yang dapat mengikuti kursus kwartir ini," jelasnya dalam laporan panitia saat acara pembukaan.

Kursus pengelolaan kwartir adalah satu kegiatan yang diperuntukkan bagi pengurus Kwarran Pramuka Kecamatan. Tujuannya untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola Kwartir di kecamatan masing-masing. Kata ketua panitia lagi, kegiatan  ini baru pertama kali dilaksanakan di Kwarcab Karimun. Dilaksanakan oleh Kwarcab sebagai antisipasi dan penyesuaian dengan situasi era digital saat ini. Kemajuan IT mengharuskan pengurus Kwartir Ranting untuk menyesuaikan laporan dan kegiatan-kegiatan di Kwarran berbasis IT.

Dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab yang diwakili oleh salah seorang Wakil Ketua Kwarcab pada hari Jumat (31/12/2021) kegiatan berlangsung selama tiga hari tiga malam. Diawali di akhir tahun 2021 dan berakhir di awal tahun 2022. Narasumber dan pelatih dalam kursus ini terdiri dari Kak Ispawandi dan Kak Faizah. Keduanya adalah andalan pramuka Kwarran Kundur dan Kwarcab Kabupaten Karimun sendiri yang memiliki keahlian di bidang ini. Selama tiga hari tiga malam narasumber memberi pengetahuan dan berbagi pengalaman dalam mengelola kawarran.
 
Satu hal penting dari kegiatan anyar ini adalah bagaimana para pengurus di seluruh jajaran Kawarran di Kwarcab Kabupaten Karimun mampu mengelola kwartirnya dengan baik dan lancar. Pengurus Kwarran harus menyesuaikan diri dengan situasi saat ini. Dominasi IT dalam setiap kegiatan mengharuskan para pengurus memahami IT sendiri dalam pengelolaan Kwarran masing-masing. Begitu pesan yang disampaikan oleh Ketua Kwarcab saat membuka kegiatan. Sementara saat menutup kegiatan kursus diingatkan perlunya menularkan ilmu dan pengalaman selama kursus kepada andalan atau pengurus Kwarran di Kecamatan masing-masing.***



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar