6 Jan 2022

Pengurus IPHI Kabupaten Bahas Program Kerja Hasil Rakerda


BERTEMPAT di Aula Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kabupaten Karimun, Poros segenap pengurus PD IPHI (Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun mengadakan rapat untuk membahas draf Program Kerja IPHI.  Rapat ini untuk menindaklanjuti hasil Rakerda (Rapat Kerja Daerah) PD IPHI Kabupaten Karimun beberapa waktu lalu. Rapat pembahasan dilaksanakan hari ini (Rabu, 05/01/2022) siang menjelang petang. Ketua PD IPHI Kabupaten Karimun mengundang seluruh pengurus untuk hadir. Namun demikian kelihatan beberapa orang pengurus tidak bisa hadir dengan alasan tertentu.

Tampak hadir dari unsur pengurus harian antara lain, Ketua Umum PD IPHI Kabupaten Karimun, H. Haris Fadillah, SAg, Wakil-wakil Ketua antara lain H. Samsuddin, H. Rizal Aidi dan Hj. Nelda Yulie. Sekretaris Umum tidak bisa hadir karena kegiatan lain yang tidak dapat ditinggalkan. Sementara Bendahara, Hj. Jumadiah ikut hadir dan duduk di bagian depan peserta rapat. Untuk pengurus bagian-bagian juga tidak seluruhnya hadir. Setiap bagian yang harusnya ada empat orang, tapi hanya hadir dua atau satu orang saja setiap bagian.

Dalam rapat ini bertindak sebagai pimpinan rapat adalah Wakil Ketua PD IPHI, H. Samsuddin yang dalam kegiatan Rakerda kemarin, itu dia dipercaya sebagai Ketua Panitia Pelaksana. Sebelum Pak Sam, begitu dia dipanggil, memandu rapat pembahasan program kerja terlebih dahulu memberikan pengarahan Ketua Umum PD IPHI, H. Haris Fadillah. Dalam pengarahannya dia minta agar program kerja yang sudah dihasilkan oleh Rakerda itu dapat lebih didetailkan waktunya, penanggung jawabnya atau petugas kegiatannya dan anggarannya.

"Saya harapkan setiap bidang membuat program yang jelas dan mudah dilaksanakan." Begitu salah satu harapan Pak Haris dalam pengarahannya. Ada 12 (dua belas) bagian kegiatan yang terdapat dalam struktur kepengurusan IPHI kabupaten. Ke-12 bagian itu adalah, 1) Bagian Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan; 2) Bagian Usaha Dana dan Kemitraan; 3) Bagian Pemberdayaan Ekonomi dan Ekonomi Kreatif; 4) Bagian Dakwah dan Pembinaan Jamaah.

 


Bagian-bagian lainnya adalah, 5) Bagian Bimbingan Haji dan Umroh; 6) Bagian Pendidikan, Pelatihan dan Pengkajian; 7) Bagian Kesehatan dan Lingkungan Hidup; 8) Bagian Publikasi, Humas dan Hubungan Kelembagaan; 9) Bagian Advokasi Hukum; 10) Bagian Pemberdayaan Perempuan; 11) Bagian Pembinaan Anak dan Keluarga Sakinah dan 12) Bagian Kepedulian Sosial. Kesemua bagian itu dibahas dalam rapat siang hingga menjelang petang itu.

Menurut penjelasan Pimpinan Rapat, Syamsuddin bahwa sebagian draf program masih berupa  kalimat-kalimat umum. Ada juga berupa kalimat usulan atau rekomendasi. "Seharusnya mencerminkan program kegiatan. Tergambar nama kegiatannya sekaligus waktunya," kata Pak Syam dalam awal pembahasan draf program. Inilah yang akan kita bicarakan pada rapat ini, katanya menjelaskan kepada peserta rapat.

Di bagian akhir, Pimpinan Rapat meminta agar semua Ketua Bagian dan Anggota Bagian yang diberi amanah di bagiannya agar dapat merapikan ulang program itu dengan mencantumkan waktu dan penanggung jawabnya. Tentang biaya atau anggarannya, oleh bendahara diminta agar dijelaskan juga. "Meskipun belum pasti ada dananya, namun besaran anggaran untuk setiap program hendaklah disebutkan," kata Bendahara PD IPHI, Hj. Jumadiah.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar