4 Feb 2022

Dua Ribu Hafizh-Hafizhoh Bukukan Rekor Muri (Menuju Pujian Allah)


BEBERAPA media mewartakan perihal raihan rekor Muri (Museum Rekor-Dunia Indonesia) di bidang hafizh-hafizhoh (penghapal alquran) oleh para santri dalam beberapa hari ini. Di laman jabarprov.go.id (31/01/2022) misalnya, ada judul berita Gubernur Ridwan Kamil Wisuda 2.000 Penghapal Alquran yang mewartakan 2.000-an orang hafizh-hafizhoh diwisuda oleh Gubernur Jawa Barat itu. Berita yang sama, dengan mengutip islampos diberitakan juga oleh hajinews.id hari Rabu (02/02/2022) kemarin dalam judul berita Masya Allah, Jawa Barat Raih Rekor Muri Wisuda Hafidz Quran Terbanyak yang memberitakan informasi yang sama.

Bagi kita (muslim) tentu saja ini satu berita motivasi penuh arti. Setidak-tidaknya ada dua hal yang membuat kita bangga, bahagia sekaligus termotivasi membacanya. Pertama tercatatnya kesuksesan ini dalam Buku Muri. Artinya selama ini belum pernah ada tercatat wisuda hafizh-hafizhoh sebanyak yang diwisuda oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil itu. Kedua, bertambahnya jumlah penghapal alquran di Negeri dengan penduduk muslim terbanyak di dunia itu.
 
Dengan menghapal alquran sebanyak 30 juz (6.000-an ayat) tentu saja ini adalah prestasi istimewa. Tidaklah mudah menghapal alquran yang begitu banyak jumlah ayatnya. Seperti kita baca di banyak media, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mewisuda sebanyak dua ribu orang penghafal Al-Qur’an di daerah Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Para hafidz Quran 30 juz ini merupakan peserta dalam program satu desa satu hafidz atau Sadesha yang selama ini sudah diprogramkan oleh Pemda Jabar.

Satu pesan gubernur dalam acara wisuda itu, mengatakan bahwa untuk persoalan keagamaan seperti ini tidak perlu mencari pujian. Tapi jika ada yang memberi penghargaan atas pencapaian ini maka perlu disyukuri. Artinya, menjadi penghafal alquran tidaklah karena ingin mendapatkan pujian dari manusia. Allah sudah menjanjikan akan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada hamab-Nya yang membaca alquran. Apalagi mampu menghafalnya dengan baik. Dengan banyaknya penghafal alquran maka jaminan akan tetap terpeliharanya kemurnian alquran akan tetap terjaga.

Para hafizh-hafizhoh alquran yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat telah menyebar motivasi yang hebat bagi semua orang (muslim) untuk terus bersemangat membaca sekaligus menghafal alquran. Kata Pak Gubernur, mereka merupakan peserta program Sadesha Jawa Barat, yang nantinya akan disebar ke berbagai desa untuk menjadikan anak-anak di desa penghafal Al-Qur’an se-Jawa Barat. Klop, mereka akan menajdi pemotivasi orang-orang desa menuju pujian tertinggi dari Allah. 
 
Rekor Muri yang diraih hanyalah pujian manusia yang harus disyukur, tapi pujian Allah jauh lebih penting dan lebih mulia yang sudah menanti. Semoga berita ini memantik seluruh umat di Negeri ini untuk terus membaca dan menghafal serta memahmi kitab suci ini. Semoga.***
Juga diposting di mrasyidnur.gurusiana.id

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar