26 Feb 2022

Info Imam dan Dai Asal Indonesia di UEA


BERITA ini dishare ulang dari berita berjudul Imam Masjid Asal Indonesia Dipuji Otoritas UEA yang dimuat laman hajinews.id hari Kamis (24/02/2022) kemarin. Merujuk berita yang ditulis oleh Sitha, itu dijelaskan bahwa otoritas Uni Emirat Arab (UEA) mengapresiasi imam masjid asal Indonesia yang saat ini bertugas di UEA. Hal ini diungkapkan Direktur Urusan Dakwah Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf UEA, Abdurrahman Al-Syamisi dalam Konsultasi Kerjasama Bilateral RI-UEA yang dilaksanakan secara virtual pada Rabu (23/2/2022).

Sebagai bangsa Indonesia kita tentu saja bangga dengan berita itu. Salah satau pernyataan pada berita itu mengatakan begini, “Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama yang berhasil merekrut dan mengirim imam masjid ke Abu Dhabi, UEA,” begitu kutipan dari berita itu.

Al-Syamisi menjelaskan, imam masjid asal Indonesia tidak hanya memiliki kualitas bacaan yang bagus dan benar. Imam masjid yang diseleksi secara ketat sebanyak dua kali oleh Kementerian Agama dan Otoritas UEA juga berakhlak baik. Dikatakan bahwa para imam asal Indoesia, itu mempunyai kelebihan positif yang layak untuk diteladani.

Informasi lainnya pada berita yang sama menjelaskan bahwa Indonesia (Kemenag) menyiapkan 50 orang dai yang terdiri dari 25 dai dari Kementerian Agama dan 25 dai dari Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam untuk mengikuti pelatihan di UEA. Mereka akan melengkapi keberadaan imam yang sudah ada di sana.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Agama Ditjen Bimas Islam terus melakukan kerja sama bilateral dengan Otoritas UEA. Selain kerja sama yang sudah terjalin seperti pengiriman imam masjid ke UEA, kedua negara merencanakan kerja sama lain berupa pengiriman dai. Dengan begitu nantinya, di satu sisi para imam dan dai asal Indonesia berkesempatan membuktikan kepiawaiannya, sementara di sisi lain artinya program ini akan menyerap tenaga kerja asal Indonesia di UEA. Semoga saja terus aman dan lancar.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar