9 Mei 2022

Masuk Sekolah di Hari Permata


SETELAH libur lebaran (Idul Fitri 1443) berakhir, hari Senin (09/05/2022) ini seluruh sekolah baik Pemerintah (Negeri) maupun sekolah swasta kembali masuk. Setidak-tidaknya sekolah-sekolah yang berada di Kabupaten Karimun. Baik sekolah di bawah naungan Pemda Kabupaten (Dinas Pendidikan Kabupaten) seperti TK, SD, SMP maupun sekolah-sekolah yang dikelola Pemerintah Provinsi seperti SMA, SMK atau SLB. Serentak masuk hari ini.
 
Ada perubahan kebijakan dalam hal jumlah siswa yang diizinkan ke sekolah. Kalau sebelumnya masih setengah (50 persen) dari kapasitas ruang belajar, maka sekarang ini diizinkan untuk seluruh siswa masuk kelas. Boleh full 100 persen. Alhamdulillah. Orang tua siswa sudah lama berharap anaknya masuk secara keseluruhan.
 
Catatan penting di hari pertama masuk sekolah mungkin tidak sama persepsi oleh setiap sekolah. Bahwa guru, seperti juga orang tua siswa sudah lama berharap izin masuk bagi seluruh siswa itu memang benar adanya. Orang tua siswa dan guru sama-sama ingin anak-anak dapat masuk semuanya. Kini harapan itu sudah tercapai.
 
Apakah kedua pihak --orang tua siswa dan guru-- mempunyai sebab yang sama atas harapan boleh masuknya seluruh siswa, tentu saja tidak. Orang tua ingin anak-anaknya segera masuk sekolah karena khawatir terlalu lama tidak masuk akan menyebabkan anak-anak menjadi liar atau bisa lupa pelajaran. Sementara para guru ingin anak-anak segera masuk sekolaha agar segera dapat belajar dengan normal. Materi pelajaran segera dapat disampaikan dengan baik.
 
Terlepas dari itu semua, hari pertama masuk sekolah pada hakikatnya sangatlah penting. Segala sesuatunya akan ditentukan oleh langkah di hari pertama itu. Kalau boleh disebut, hari pertama itu sesungguhnya ibarat hari permata bagi semuanya. Namanya permata, tentulah sangatlah berharga dan penting bagi semuanya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar