20 Sep 2022

PC IKA UNRI Karimun Resmi Dikukuhkan


PENGURUS Cabang (PC) IKA (Ikatan Keluarga Alumni) UNRI Kabupaten Karimun resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Gubernur Kepri selaku Ketua Umum PW (Pengurus Wilayah) IKA UNRI Provinsi Kepri, Selasa (20/09/2022) pagi. Pelantikan dan pengukuhan dilangsungkan di Gedung Nasional Karimun yang dihadiri oleh sebagian besar alumni UNRI yang berdomisili di Kabupaten Karimun. Bersama rombongan gubernur juga hadir para pejabat tinggi Provinsi Kepri seperti Kepala Dinas, Kepala Bidang di OPD tertentu. Pejabat Pemerintah Kabupaten Karimun sendiri hadir Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq dan Perwakilan Forkopimda, Sekda dan beberapa pejabat OPD Kabupaten lainnya.

Sesuai undangan Panitia Pelantikan Pengurus PC IKA UNRI Kabupaten Karimun, para alumni UNRI dan Pengurus IKA UNRI sudah hadir di ruang Gedung Nasional sekitar pukul 07.30. Rombongan Gubernur Kepri bersama rombongan Bupati memasuki gedung tepat pukul 08.00, menjelang prosesi acara akan dimulai. Beberapa menit berikutnya acara pun dimulai setelah MC membukanya dengan pantun dan salam untuk semua hadirin. 

Seperti biasa acara diawali dengan menyanyikan bersama Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Diikuti dengan Lagu Mars Karimun sebagai lagu wajib di setiap acara resmi di Kabupaten Karimun. Selanjutnya MC mempersilakan Pak Arnadi Supaat, Ketua IKA UNRI Kabupaten Karimun periode pertama untuk memimpin doa. Semua hadirin tampak khusyuk mengikuti doa yang dipandu Pak Arnadi.

Acara selanjutnya adalah acara utama, pelantikan dan pengukuhan kepengurusan IKA UNRI Kabupaten Karimun masa bakti 2022-2026 yang diawali dengan pembacaan SK oleh Pengurus Wilayah IKA UNRI Provinsi Kepri, Rhitha Hervina Yusma, Bidang Departemen Jaringan Alumni dan Mahasiswa. Ada empat komponen kepengurusan yang tertera di dalam SK yaitu Dewan Penasihat, Dewan Pertimbangan, Dewan Pakar dan Dewan Pengurus. Organisasi ini nantinya akan dijalankan oleh Dewan Pengurus yang duketuai oleh Ibu Hj. Sensissiana didampingi enam orang Wakil Ketua. Ibu Sensis, begitu dia disapa adalah mantan birokrat dengan banyak jabatan di Pemda Karimun sebelum pensiun. 

Setelah pelantikan dan pemberian ucapan selamat kepada para pengurus acara dilanjutkan dengan pidato sambutan antara lain oleh Ketua IKA UNRI sendiri, Bupati dan Gubernur Kepri. Ibu Ketua dalam peidato sambutannya menjelaskan kronologi terbentuknya Kepengurusan IKA UNRI Kabupaten Karimun masa bakti 2022-2026. Katanya, setelah mendapat mandat dari IKA UNRI Provinsi, teman-teman yang mendapat mandat sekaligus sebagai panitia langsung bergerak. Rapat beberapa kali dan berlanjut dengan diselenggarakannya Muscab (Musyawarah Cabang) IKA UNRI yang dibuka resmi oleh Pimpinan IKA UNRI Provinsi. Setelah terpilihnya Tim Formatur di dalam Muscab dan terpilihnya kepengurusan, akhirnya hari ini pengurus ini telah dilantik dan dikukuhkan oleh gubernur.

Bu Sensis berkali-kali menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Karimun yang telah memfasilitasi terbentuknya kepengurusan. Begitu juga kepada Gubernur Kepri, Bu Sensis tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih. Dia mengajak semua pengurus untuk bekerja keras mewujudkan harapan bersama demi daerah kita. "Kami akan buktikan kontribusi para alumni dalam mewujudkan visi-misi pemerintah daerah," katanya.

Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq dalam sambutannya menyampaikan ucapan tahniah dan selamat atas terbentuknya pengurus IKA UNRI Kabupaten Karimun. Dia menjelaskan salah satu tujuan keberadaan organisasi ini adalah sebagai ajang silaturrahim dan kekeluargaan khususnya bagi sesama alumni, dan sesama masyarakat pada umumnya. IKA UNRI dapat menjadi pemersatu dan memperkuat persatuan di daerah ini.

"Keberadaan IKA UNRI sangat penting di Karimun. Meskipun baru terbentuk tapi sesungguhnya secara personel sudah banyak para alumni UNRI berkiprah di Kabupaten Karimun," kata Bupati. Katanya lebih lanjut, selain ramai yang mengabdi sebagai tenaga guru bahkan ada yang menjadi dosen di UKA, banyak juga yang berkarier di instansi lainnya. Bupati mengajak para alumni untuk terus bahu-membahu dengan Pemerintah dan instansi lainnya dalam usaha membangun Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepri pada umumnya.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Gubernur Kepri, Pak Ansar Ahmad. Pak Gubernur menyampaikan harapannya, selaku Ketua IKA UNRI agar alumni UNRI yang ada di Kepri, khususnya di Kabupaten Karimun untuk bersama-sama memajukan daerah ini. Katanya, alumni ini akan jadi andalan di daerah kita dengan syarat ada bukti keunggulan kita. "Perlu membuktikan kontribusi agar nantinya testimoni bahwa kita memang mampu. 

Pak Gubernur juga menyinggung Visi-Misi Kepri untuk mensejahterakan masyarakat sekaligus berdaya saing. Untuk itu misi yang direncanakan antara lain adalah percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat untuk kesejahteraan, memanfaatkan posisi geografis yang strategis dengan posisi terbaik yang dimiliki Kepri. Dia menyebut Selat Melaka yang berbatasan dengan Kepri sebagai salah satu jalur terpadat dari empat jalur terpadat di Indonesia. 

"Kepri punya potensi geografi dan alam yang lebih baik, tapi kewenangan memang terbatas," jelasnya. Untuk itu perlu penataan dan peningkatan kompetensi SDM terbaik. IKA UNRI Karimun dapat berperan aktif membangun Kabupaten Karimun khususnya untuk membangun Provinsi Kepri pada umumnya dengan mengambil beberapa peran penting demi kesejahteraan masyarakat di Kepri. Gubernur mengajak seluruh masyarakat terutama alumni UNRI untuk bersama-sama membangun daerah ini.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: