15 Apr 2023

Baznas Karimun Distribusikan Zakat Sebesar 560-an Juta Rupiah


HASIL pengumpulan zakat dari Januari hingga Maret 2023 didistribusikan Baznas Kabupaten Karimun kepada 1.038 mustahik se-Pulau Karimun (Kecamatan Karimun, Meral, Tebing dan Meral barat). Dana zakat yang terkumpul dari muzakki berjumlah Rp 560-an juta. Distribusi zakat dilaksanakan apda hari Kamis (13/04/2023) lalu.

Informasi dari Ketua Baznas Karimun Drs. H Nasrial pengumpulan zakat di Baznas pada awal tahun ini terjadi penurunan. Namun, untuk pendistribusian dana umat kepada masyarakat yang membutuhkan tetap kita bagikan. Sehingga, bisa meringankan masyarakat tersebut terutama menjelang Idul Fitri 1444 H/2023. Begitu kurang lebih disampaikannya pada saat memberikan sambutan sebelum pembagian zakat dilaksanakan, di Aula Darunnadhwah, Masjid Agung Karimun.

Dia menambahkan, selain pendistribusian dana umat untuk konsuntif, pihaknya juga mendistribusikan untuk pendidikan, kesehatan, kemanusian, ekonomi dan dakwa dengan total 230 orang sebanyak Rp249,550,266. Dengan terjadinya penurunan pengumpulan dana zakat maupun infaq di Baznas Karimun, ia berharap kepada Bupati Karimun yang diwakili oleh staff ahli Muhammad Isnainie agar bisa membantu mencarikan solusinya.

”Kita dari Baznas Kabupaten Karimun sesungguhnya ditargetkan oleh Baznas Pusat setiap tahunnya kurang-lebih Rp9,6 miliar. Karena, berdasarkan data ASN di kabupaten Karimun yang cukup banyak,” katanya dalam pidato sambutannya. Sebelum terjadinya pandemi Covid-19, baznas karimun telah mengumpulkan zakat dari ASN mencapai Rp120 juta per bulan. Namun, setelah pandemi Covid-19 terjadi penurunan mencapai Rp50 juta dari ASN Pemerintah kabupaten Karimun.

Lebih jauh Pak Nasrial menghimbau masyarakat untuk menunaikan pembayaran zakat di Baznas Kabupaten Karimun. Katanya, kesempatan masih ada untuk periode zakat tahun ini.

Staf Ahli Bupati, H. Muhammad Isnainie yang mewakili Bupati Karimun dalam pengarahannya, pertama  menyampaikan salam bupati. Selanjutnya dia mengatakan dia akan melaporkan kepada Bupati Karimun tentang pemotongan gaji untuk dikeluarkan zakatnya yang bisa disalurkan ke Baznas Karimun. Katanya, potensi zakat dari pegawai Pemkab dan Pegawai ASN lainnya sangatlah tinggi. Dia juga mengajak masyarakat untuk membayarkan zakat melalui Baznas Kabupaten Karimun.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar