13 Apr 2023

IPHI dan MTP IPHI Meral Bagikan Sembako dan Santunan Anak Yatim


Laporan Ponilawati
BERTEMPAT di Masjid Al-Jihad, Meral, Ahad (09/04/2023) pagi dilaksanakan penyerahan paket sembako dan santunan anak yatim yang disejalankan pula dengan penyerahan wakaf al-quran. Penyerahan wakaf Al-Quran kepada para santri (hafizh-hafizhoh) ini adalah dalam rangka memperingati Harlah (Hari Lahir) IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) ke-33 tahun 2023 yang dilakuksn serentak di seluruh Indonesia.
 
Kegiatan Harlah IPHI ke-33 di Kabupaten diperingati oleh PD IPHI Kabupaten Karimun bersama PC.IPHI Kecamatan se-Kabupaten Karimun dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan para dhuafa selain memberikan alquran kepada hafizh-hafizhoh. PD IPHI Kabupaten bekerja sama dengan PC IPHI Kecamatan untuk melaksanakan beberapa kegiatan dimaksud.

Kegiatan Harlah IPHI di Kecamatan Meral dengan kegiatan penyerahan paket sembako, santunan anak yatim dan dhuafa sekaligus penyerahan wakaf Al-Quran dihadiri langsung oleh Ketua PD.IPHI Kabupaten Karimun, H. Haris Fadillah. Selain Pengurus MTP Kabupaten, Camat Meral, Raja.Novi Yohandri, S STP, M.AP, Kasi Bimas Islam Kankemenag Drs.H Samsudin, hadir seluruh Pengurus PC IPHI dan MTP IPHI Kec. Meral. Memberikan ceramah pada kesemapatan itu adalah Ustaz H. Sahari, SPdI.

Prosesi acara diawali dengan lantunan sholawat Nabi, pembacaan Kalam Ilahi, sambutan dari Ketua PC.IPHI Meral yang di wakili oleh Pak DR.Sutrisno serta sambutan oleh Camat Meral. Memberikan sambutan juga Ketua PD IPHI Kabupaten, H. Haris Fadillah. Dalam sambutannya Ketua IPHI Kabupaten Karimun mengatakan bahwa kegiatan penyerahan sembako, santunan anak yatim dan penyerahan wakaf al-Quran dilakukan juga di Kecamatan lainnya di selruh PC IPHI se-Kabupaten Karimun.


Dalam memberikan sambutan Ketua IPHI Kabupaten menympatkan berdialog dengan beberapa anak yatim dan memberikan pertanyaan kepada beberapa anak yatim tersebut. Pak Haris memberikan reword berupa uang kepada para anak yatim yang bisa menjawab pertanyaannya. Itulah salah satu cara oleh Ketua PD IPHI untuk menyenangkan hari anak-anak yatim tersebut. 

Acara berikutnya dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah sekaligus doa oleh Ustaz H. Sahari,S.PdI.
Dalam ceramahnya Ustaz Sahari mengatakan bahwa betapa mulianya kegiatan saling berbagi antar sesama, ini khususnya untuk anak yatim dan kaum duafa. 

"Semoga kegiatan seperti ini akan berkelanjutan dalam momen apapun," katanya. Ustaz berharap kiranya kegiatan saling berbagi ini terus dapat dilakukan, terutama dalam rangka membantu anak-anak yatim dan kaum dhuafa. 

Ustaz Sahari mengakhiri tausiahnya dengan memimpin doa. Acara selanjutnya adalah penyerahan santunan kepada anak yatim berupa uang, dan penyerahan sembako kepada para duafa. Sementara penyerahan wakaf Al-Quran diberikan kepada 5 orang hafizh al-Quran dari beberapa Pondok Pesantren yang ada di Kecamatan Meral.***
Hj. Ponilawati MMPub, adalah Pengrus IPHI Karimun

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar