8 Apr 2023

Peringatan Nuzul Quran Pemda Karimun di Masjid Baitul Karimun


BERTEMPAT di Masjid Besar Baitul Karim, Kecamatan Karimun, Jumat (07/04/2023) malam, dilaksanakan peringatan Nuzulul Qur'an 1444 (2023) Pemda Kabupaten Karimun. Tampak hadir antara lain pimpinan Forkopimda, pimpinan OPD, Ketua Ormas selain jamaah masjid Baitul Karimun sendiri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Nuzulul Quran dihelat pada malam ke-17 Ramadan. Karena itu pula malam ini peringatan dilaksanakan.

Prosesi acara dimulai setelah pelaksanaan salat Isya dan salat Tarwih di masjid tua di Kecamatan Karimun. Acara pertama adalah pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh Ustadz Amirullah, SPd yang sehari-hari juga sebagai salah seorang imam di baitul Karim. Acara kedua adalah sambutan Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos MSi. Dalam pidato yang relatif singkat bupati menyampaikan beberapa pesan. Setelah menyampaikan rasa hormat kepada semua hadirin dia mengajak untuk senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. 

"Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada para hadirin yang bersedia menunggu setelah tarwih yang biasanya kita bersalaman dan pulang ke rumah," katanya. "Saya juga menyatakan ucapan selamat dan bersyukur karena kita dapat melaksanakan puasa hingga hari ini. Tanpa terasa puasa sudah meninggalkan kita selama 16 hari. Kita mampu menjaga puasa agar tidak menjadi orang yang merugi yang hanya mendapat sekadar haus dan dahaga saja. Dengan menjaga puasa kita insyaallah kita tidak akan menjadi orang yang merugi."

Jamaah Nuzul Quran di Masjid Baitul Karim

Bupati juga sedikit menyinggung tentang turunnya alquran yang diperingati malam ini. Katanya, alquran adalah mukjizat yang eksis hingga saat ini dan akan eksis sampai hari kiamat. Kita ingat, ayat pertama yang diturunkan Allah adalah perihal 'membaca' pada surah al'alaq. Artinya, di dalamnya terkandung selain membaca juga wajib memahami isinya. 

"Allah menurunkan alquran dan Dia pula yang akan memelihara via orang membaca dan menghafal serta memahami alquran." Demikian dia mengingatkan jamaah. Selanjutnya dia mengajak hadirin untuk menyimak ceramah malam nuzul quran ini.

"Mari kita dengarkan tausiah dari penceramah malam ini, dari Pak H. Afrizal, Ketua MUI Kabupaten Karimun," katanya. Demikian pula bupati memberikan sambutannya. Sebelum ditutup bupati juga menyinggung tentang rencana kedatangan Presiden RI, Pak Jokowi yang direncanakan pada 29 Agustus 2023 yang akan datang. "Mari terus kita jaga ketenangan dan keamanan daerah kita." Himbauan ini tentu penting untuk kondusifitas kabupaten 'berazam' ini.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar