8 Mei 2023

Kafilah STQH dari Luar Karimun Sudah Mulai Hadir


SESUAI jadwal yang diedarkan panitia hari Ahad (07/05/2023) ini Kafilah Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-10 dari luar Karimun  se-Provinsi Kepulauan Riau akan mulai berdatangan di Kabupaten Karimun. Pembukaan STQH secara resmi akan dilaksanakan pada Selasa (09/05/2023) malam yang dipusatkan di Astaka Utama Coastal Area Kabupaten Karimun.

Menyaksikan kedatangan para kafilah sejak kemarin hingga hari ini tercatat mulai dari kafilah dari Kabupten Natuna pada siang kemarin yang langsung disambut oleh Asisten III Bidang Administrasi Dr. H. Junaidi, MSi atas nama bupati dan didampingi sjemlah Pimpinan OPD Pemkab Karimun. Kafilah Kabupaten Natuna langsung diiringan kompang dari pelabuhan domestik hingga ke Gedung Nasional sebagai pusat penerimaan kafilah. Kafilah kedua yang datang kemarin adalah kafilah Kepulauan Anambas. 

Pada hari Senin (08/05/2023) ini hadir kafilah Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Lingga. Itu berarti pada hari ini sudah hadir semua peserta STQH 2023 ini. Para kafilah akan mengikuti rangkaian acara yang sudah disusun dan diedarkan oleh panitia.

Seperti dapat dibaca pada beberapa pengumuman bahwa rangkaian acara STQH X Provinsi Kepri di Karimun akan diawali malam dengan Malam Ta’aruf  yang akan dihelat di halaman rumah dinas Bupati Karimun pukul 19.30 WIB. Berturut-turut besok Selasa (09/05/2023) pagi adalah Pawai Ta’aruf dan Kereta Hias di Coastal Area yang akan diawali persiapannya dari pukul 06.00 WIB. Siangnya adalah pelantikan Dewan Hakim di Gedung Nasional sekitar pukul 13.30 WIB yang dilanjutkan dengan peresmian Stand Bazar dan Pameran di astaka utama Coastal Area. Kegiatan ini akan dilaksaakan pukul 15.30 WIB dan malamnya pembukaan STQH X Provinsi Kepri yang juga akan dilaksanaka di astaka utama Coastal Area pukul 19.30 WIB.

Tentang lomba sendiri, dari panitia diperoleh informasi bahwa Kabupaten Karimun akan menurunkan 20 qori dan qoriah, hafizh/ hafizhoh, mufassir/ mufassiroh serta perserta lomba hadits. Kedua puluh peserta itu terdiri dari cabang Tilawah Al-Quran golongan Anak-anak dan dewasa, Hifzh Al-Quran golongan 1 Juz dan Tilawah, Hifzh Al-Quran golongan 5 Juz Dan Tilawah, Hifzh Al-Quran golongan 10 Juz, Hifzh Al-Quran golongan 20 Juz, Hifzh Al-Quran golongan 30 Juz, Tafsir Bahasa Arab, serta hafalan 100 Hadits Beserta Sanad dan Hafalan 500 Hadits Tanpa Sanad.

Bagi kita sebagai warga kabupaten Karimun, sebagai tuan rumah kita ingin menjadi tuan rumah yang baik. Kita berharap para petugas dan panitia akan dapat menyelenggarakan dengan baik dan sukses. Kita akan berpartisipasi demi suksesnya kegiatan STQH ini. Semoga!***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar