25 Jun 2023

Mengantar Haji Keloter Pelangi


SETELAH keloter satu gelombang pertama, Selasa (23/05/2023) bulan lalu Pemda Kabupaten Karimun melepas jamaah haji Kabupaten Karimun berjumlah 145 orang yang bergabung dengan jamaah haji dari Batam, Tanjungpinang dan Bintan, kembali hari Selasa (20/06/2023) ini Pemda melepas Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun di Rumah Dinas Bupati. Pelepasan pertama kali itu di awal keberangkatan jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci yang merupakan keberangkatan pertama Jamaah Haji Indonesia ke Tanah Suci.

Pelepasan Jamaah Haji Kabupaten Karimun kali ini merupakan jamaah haji tamabahan yang tidak termasuk pada keloter pertama itu. Pelepasan oleh Pemda dilaksanakan sore hari menjelang keberangkatan mereka ke Batam untuk bersiap-siap berangkat ke Tanah Suci. Mereka akan berangkat ke Batam menggunakan kapal reguler Karimun-Batam.

Berdasarkan laporan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun selaku Ketua Penyelenggara Haji Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri, untuk jamaah susulan ini berjumlah 25 orang. Mereka termasuk tiga keloter berbeda untuk berangkat ke Arab Saudi. Menurut Pak Jamzuri ke-25 orang jamaah haji ini tidak berangkat dalam satu pesawat. Katanya, keloter ini disebut sebagai Keloter Pelangi karena akan bergabung dari berbagai jamaah dari berbagai daerah di Indonesia.

"Mereka yang kita lepas secara resmi hari ini untuk berangkat ke Batam, akan berangkat bersama jamaah lainnya dalam keloter 31, 32 dan 33." Demikian dijelaskan oleh Kakankemenag Karimun saat acara pelepasan di Rumah Dinas Bupati. "Pada keloter 31 ada 16 orang jamaah, keloter 32 ada 5 orang jamaah dan untuk keloter 33 akan berangkat 4 orang jamaah," jelasnya lagi. 

Lebih jauh kakankemenag menjelaskan bahwa dalam keloter 31 itu terdiri dari jamaah asal Keccamatan Meral sebanyak 4 orang, Meral Barat 1 orang, Kundur 1 orang, Kundur Utara 3 orang dan jamaah Kecamatan Moro sebanyak 7 orang. Selanjutnya pada keloter 32 terdiri dari jamaah Kecamatan Meral sebanyak 3 orang, Kundur 1 orang, dan dari Kecamatan Ungar 1 orang. Lalu untuk keloter 33 terdiri dari jamaah Kecamatan Karimun 1 orang, Tebing 2 orang, dan jamaah Kecamatan Moro 1 orang. Perihal jamaah tertua pada jamaah tambahan ini berusia 76 tahun dan yang paling muda berusia 23 tahun.

Bupati yang memberikan sambutan sebelaum melepas secara resmi menyampaikan beberapa pesan antara lain agar para jamaah menjaga kesehatan, kekompakan bersama teman-teman. "Kami doakan semoga para jamaah selamat berangkat dan kembali serta dimudahkan dalam ibadah," katanya. Bupati juga mengingatkan agar para jamaah mendaoakan daerah kita agar tetap aman dan konsusif selalu.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar