11 Jun 2023

Pemantapan Penyusunan Program MUI 2023


SETELAH rapat penyusunan program kerja MUI Kabupaten Karimun dilaksanakan pada hari Rabu (07/06/2023) lalu, pengurus MUI sepakat menetapkan hasil rapat itu sebagai Program Kerja MUI Kabupaten Karimun Tahun 2023 dalam satu rapat khusus. Rapat khusus yang dilaksanakan pada hari Jumat (09/06/2023) hanya diikuti oleh beberapa orang unsur pimpinan saja. Hadir Ketua Umum, H. Afrizal, Wakil Ketua Umum, HM. Rasyid Nur, Ketua III, H. Wahyu Amirullah, Bendahara Umum, Mulyadi dan Sekretaris II dan III, Haryo Santoso dan Hambali. Beberapa orang unsur pimpinan harian lainnya tidak bisa hadir.

Pada rapat kali ini lebih kepada menyatukan program-program setiap komisi yang sebelumnya sudah disampaikan secara terpisah oleh setiap komisi. Hari ini, hasil pembahasan 12 komisi yang sudah disepakati pada rapat sebelumnya disatukan menjadi Program MUI Kabupaten Karimun Tahun 2023. Jika sebelumnya perkiraan biayanya belum ditetapkan, misalnya maka pada rapat kali ini besaran anggaran setiap komisi sudah ditetapkan. Ditetapkan juga rencana jadwal kegiatannya.

Ketua MUI, H. Afrizal dalam penjelasannya saat memimpin rapat, ini menekankan kepada floting anggaran yang harus disesuaikan dengan besarnya anggaran yang diberikan Pemerintah Kabupaten Karimun. Jika besaran rencana anggaran yang diajukan komisi-komisi dan disepakati saat pembahasan program sebelumnya terlalu besar maka pada kesempatan ini langsung diubah-suai. Artinya ada rencana anggaran yang dipotong (dikecilkan) dan ada pula yang ditambah karena dianggap kegiatannya penting dan cakupannya luas serta melibatkan jumlah orang yang lebih banyak. Kepastian besaran anggaran ini penting agar setiap komisi dapat melaksanakannya nanti sesuai dengan jumlah dana yang disediakan.

Pada saat rapat sebelumnya oleh pimpinan rapat diberikan gambaran anggaran yang dapat diajukan berkisar antara Rp 5 jt s.d Rp 15 jt maka pada rapat hari ini masih ada salah satu dtau lebih komisi yang jumlah anggarannya justeru lebih besar dari patokan yang diberikan sebelumnya. "Kita harus tetap menyesuaikan dengan kepentingan program kegiatan itu," jelas Ketua berkaitan dengan perubahan besaran anggaran yang ditetapkan. 

Dengan kesepakatan rapat khusus ini maka selesailah penyusunan progran kerja MUI untuk tahun 2023 ini. Kata Ketua, jika ada rencana kegiatan yang anggarannya belum terakomodir pada tahun ini dapat saja dilaksanakan kembali pada tahun depan. Demikian dijelaskan oleh Ketua MUI. Semoga saja program ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar