23 Jun 2023

Rakerda Kwarda Dibuka Ketua Kwarda


RAKERDA (Rapat Kerja Daerah) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kawrda) Provinsi Kepri tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Kawrda Kepri, Ir. Lamidi mewakili Ketua Umum yang beralangan hadir. Dihadiri oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten se-Kepri serta seluruh peserta Rakerda yang merupakan perwakilan setiap Kwarcab se-Kepri acara pembukaan berlangsung singkat. 

Peserta Rakerda sudah hadir dan masuk ke ruangan Rakerda yang dihelat di Pusdiklat Kwarda Pramuka Kepri, Pulau Dompak. Dengan pakaian pramuka lengkap para peserta sudah duduk rapi sebelum pukul 20.00 WIB sesuai undangan dan jadwal yang disampaikan panitia. Ada 40-an orang peserta yang merupakan perwakilan Kwarcab se-Kepri. "Setiap Kwarcab mengirimkan lima orang perwakilan," kata salah seorang panitia.

Prosesi acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Pramuka dan Solawat Busyro. Selanjutnya laporan Ketua Panitia Rakerda diikuti pengarahan oleh Ketua Harian sekaligus membuka secara resmi. Pemukulan gong pertanda dibuka dilakukan oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Karimun atas permintaan Pak Lamidi.

Ketua Harian Kawrda Kepri dalam pidatonya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta Rakerda atas kehadirannya di acara ini. Rakerda ini sangat penting karena akan menyusun program kegiatan Gerakan Pramuka Provinsi Kepri melalui Kwarda ini. Begitu Pak Lamidi mengawali sambutannya.

Lebih jauh Ketua Harian Kwarda Provinsi Kepri mengajak semua unsur pengurus Gerakan Pramuka di Kepri untuk lebih meningkatkan kegiatan di daerah masing-masing. Berbicara masalah anggaran pramuka di Kwarda sangatlah tidak memadai jika diukur dari kegiatan kepramukaan yang selama ini dilaksanakan.

"Untuk beberapa kegiatan Kwarda ke even Nasional terkadang kita meminta kerjasama dengan Kwarcab. Lomba-lomba tingkat Nasional yang melibatkan anak kita, kami terkadang terpaksa minta bantu ke Kwarcab," katanya. Itu disampaikan mengingat kecilnya anggaran Pramuka di Provinsi.

"Dengan membacakan bismillahirrahmanirrahim, Rakerda Pramuka Kwarda Provinsi Kepri saya nyatakan secara resmi dibuka," katanya mengakhiri sambutan. Selanjutnya untuk pemukulan gong Ketua Harian meminta dipukul oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Karimun, H. Anwar Hasyim.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar