28 Jun 2023

Sekda Pimpin Rapat Penyambutan Jamaah Haji Kabupaten Karimun


BERTEMPAT di ruang rapat Mawar Merah, Kantor Bupati, Selasa (27/06/2023) dilaksanakan Rapat Penyambutan Kepulangan Jamaah Haji Kabupaten Karimun 1444/2023. Rapat dipimpin oleh Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah didampingi Kabag Kesra, H. Baginda Malim Siregar. Sejatinya rapat dipimpin langsung oleh Wakil Bupati, H. Anwar Hasyim, MSi sebagaimana tertera di undangan sebagai peserta rapat. Pak Wabup sedang bertugas di luar daerah. Tampak juga hadir Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri M. Noor, MSi.

Pesrta rapatnya, selain tiga pejabat Pemda di atas dan Kakankemenag pada undangan tertulis antara lain ada Asisten 1, 2, dan 3, Staf Ahli ke-3 Bidang, Kapolres dan beberapa Kepala Kantor yang terkait dengan penyambutan dan penjemputan jamaah haji ini. Ada juga beberapa Kepala Dinas/ Kepala Bagian (OPD) di Pemerintah Kabupaten Karimun, para camat dan Ka-KUA se-Kabupaten Karimun dan beberapa Ketua Organisasi Keagamaan (Islam) dan Kebudayaan seperti MUI, IPHI dan LAM.

Dibuka dan dipimpin Sekda, di bagian awal Pak Firman meminta kepada semua pejabat yang diberi tugas dan tanggung jawab dalam kegiatan ini untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Setelah membuka dan menyampaikan beberapa hal penting, Pak Sekda meminta Kabag Kesra, Pak Baginda untu menjelaskan rentetan kegiatan berkaitan dengan penyambutan dan penjemputan Jamaah Haji Kabupaten Karinu ini.

Kabag Kesra mengawali pemaparannya menjelaskan bahwa untuk musim haji 2023 (1444), ini jamaah haji Kabupaten Karimun terdiri dari 4 Keloter, Keloter 1, 31, 32 dan keloter 33. "Insyaallah keloter 1 yang berangkat pada gelombang pertama sesuai dengan skedul akan kembali pada 4 Juli 2023 nanti. Mereka akan tiba di Demarkasi Batam siang menjelang sore," jelasnya. Selanjutnya Pak Kabag menjelaskan bahwa para jamaah haji yang berjumlah 145 orang itu akan terbagi dua kepulangannya nanti dari pelabuhan Batam. Satu kelompok berjumlah 103 orang yang merupakah jamaah dari Kecamatan di Pulau Karimun dan sekitarnya akan kembali ke Tanjungbalai Karimun. Sedangkan sisanya yang dari luar Pulau Karimun akan kembali dengan menggunakan satu kapal lainnya ke daerah masing-masing. 

"Ada yang langsung ke Karimun ada yang keluar Karimun. Ke Karimun ada 103 orang, dan ke keluar Pulau Karimun seperti ke Kundur, Moro, Durai dan lainnya ada sebanyak 42 jamaah," tambahnya. Dari slide yang dipaparkan Kabag Kesra dijelaskan jumlah jamaah setiap kecamatan se-Kabupaten Karimun. Juga dipaparkan pembagian tugas setiap instansi yang terlibat dalam penjemputan dan penyambutan nanatinya.

Kakankemenag selaku Kepala Staf Penyelenggara Haji menyampaikan keadaan dan kondisi jamaah haji di Tanah Suci dan rencana kepulangan jamaah haji kabupaten. Dijelaskan, ada salah satu jamaah Kabupaten Karimun yang cedera karena terjatuh. Katanya, tulang pinggul jamaah wanita itu cedera dan tidak bisa duduk. "Untuk ibu ini sebenarnya tetap sadar seperti biasa. Tapi karena tidak bisa duduk dan tidak bisa pakai kursi roda maka wukufnya akan dilakukan safari wukuf," kata Pak Kankemenag. Secara umum jamaah lainnya dalam keadaan sehat.

Dalam rapat juga dijelaskan skenario kepulangan jamaah haji. Untuk jamaah yang langsung ke Karimun akan berkumpul di Masjid Baitul Karim dengan menggunakan beberapa bus. Sementara yang dari luar Pulau Karimun akan kembali daerah masing-masing. Jamaah Pulau Kundur dan sekitarnya akan melaksanakan acara penyambutan di Tanjungbatu kecuali jamaah Selat Belia yang minta langsung ke Selat Belia.

Secara khusus Pak Sekda mengingatkan semua panitia yang terlibat untuk benar-beanr melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Berkaitan dengan pembagian dan pengambilan tas dan barang bawaan lainnya agar hati-hati agar tidak tertukar atau tertinggal. "Terutama air zam zam yang bisa tertinggal agar pastikan siapa pemiliknya." Demikian Pak Sekda mengingatkan. Setiap instansi yang terlibat sudah menyatakan siap untuk menyukseskan penyambutan ini.*** (Catatan M. Rasyid Nur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar