23 Jul 2023

Membezuk Teman Mengeratkan Persahabatan


SORE Ahad (23/07/2023) ini kami para anggota ISHAKA  1427 (Ikatan Silaturrahim Haji dan Keluarga 1427) melaksanakan pertemuan bulanan. Ini pertemuan ke-16 untuk periode 2022/2023 dari 20 pertemuan yang sudah direncanakan. Setiap pertemuan diadakan pencabutan undian pertemuan berikutnya. Setiap pertemuan ada kesepakatan iyuran Rp 100.000 (untuk konsumsi) dan Rp 10.000 (untuk uang kas/ dana sosial).

Ishaka 1427 adalah Kelompok Haji dan Keluarga untuk ajang silaturrahim. Asal awal kelompok haji ini adalah anggota haji/ hajjah yang berangkat haji pada musim haji 1427 (H) atau 2006/2007 yang lalu. Sejak kembali dari Tanah Suci beberapa orang dari regu dan rombongan yang kebetulan bertempat tinggal di Karimun sepakat membuat semacam pertemuan bulanan (arisan) dengan membuat kewajiban iyuran. Uang ini digunakan untuk biaya konsumsi bagi yang menjadi tuan rumah. Pertemuannya bergiliran dari satu rumah ke rumah anggota lainnya.

Periode terakhir ini ada 20 nomor arisan. Anggota Ishaka 1427 saat ini juga tidak lagi sepenuhnya para haji-hajjah yang menunaikan haji pada musim haji yang sama. Semua anggota sepakat menerima anggota baru yang menunaikan haji di tahun-tahun sesudahnya. Keputusan ini dimaksudkan mengganti para anggota yang sudah 'dipanggil' Allah lebih duluan.

Pertemuan bulanan sore ini ada tambahan kegiatan kami. Selaian melaksanakan pertemuan di rumah anggota dengan agenda rutin berdoa, makan bersama dan penyampaian penjelasan kelompok juga kami berkesempatan membezuk Ketua Ishaka, Pak H. Muhammad Yusuf. Kebetulan Pak Yusuf saat ini tengah dirawat di RSBT (Rumah Sakit Bakti Timah) Kabupaten Karimun yang tidak jauh dari rumah Ibu Hj. Yet, tempat kami melaksanakan pertemuan.

Tambahan kegiatan ini tentu saja untuk mempererat hubungan persahabatan diantara kami para anggota dan keluarga. Meskipun beberapa orang anggota Ishaka beralangan ikut pertemuan arisan dan tidak bisa pula hadir pada acara ini sekurang-kurangnya kami yang hadir sebagai perwakilan seluruh anggota. Di kamar perawatan Pak Ketua di RSBT sendiri juga ada keluarga belyau yang hadir. Sekaligus ini memperkuat juga persahabatan antara anggota dan keluarga.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar