24 Okt 2023

Bali-Jakarta-Batam, FKUB Karimun Kembali ke Karimun



Catatan M. Rasyid Nur
SETELAH empat hari berada di Bali, 19-22/10/2023 hari Ahad (22/10/2023) ini Pengurus FKUB Kabupaten Karimun dan rombongan kembali ke Karimun. Itulah jadwal perjalanan FKUB Karimun ke Kabupaten Badung, Bali yang sudah disusun. Satu hari (awal) adalah kedatangan, Karimun-Batam dan Batam-Bali. Satu hari (terakhir) adalah kepulangan. Dua hari di tengahnya (20-21/10/2023) itulah waktu kegiatan utamanya.

Sudah disepakati dan sesuai jadwal ticket kepulangan (Denpasar-Batam) rombongan akan kembali hari Ahad dengan rute Denpasar-Jakarta-Batam. Untuk itu pukul 06.00 WITA semua peserta perjalanan, ini harus sudah stand bay di lobi Hotel Solaris. Hotel yang dipakai selama empat hari tiga malam selama di Bali. Tidak boleh ada yang terlambat karena bus yang selama tiga hari dipakai sudah stand bay di seputar hotel. Tas dan segala barang bawaan pun sudah siap di lobi hotel. Satu hal yang dihindari adalah keterlambatan chek in atau tiba di Bandara Ngurah Rai sesuai ketentuan.

Setelah semuanya masuk bus, tepat pukul 06.40 bus bergerak menuju bandara. Hanya beberapa menit karena jarak hotel ke Ngurah Rai memang dekat. Jalanan juga belum terlalu padat pada jam begitu. Mobil rombongan lancar jaya perjalannya. Sesampainya di depan terminal, rombongan turun dari bus. Mengeluarkan barang dan bersiap untuk masuk ke ruang check in. Sebelum masuk terminal beberapa orang memanfaatkan kesempatan untuk berfoto di halaman gedung terminal.

Untuk prosesi check ini dibuat sebagaimana check in keberangkatan kemarin juga. Tiga orang anggota rombongan membantu mengurus check in tiket untuk beberapa orang sekaligus mendapatkan boarding. Setiap satu orang pengurus membantu 6-8 orang anggota. Tujuannya agar praktis saja. Setelah boarding selesai bersama penumpang lainnya menunggu waktu dipersilakan masuk ke ruang tunggu (gate). 

Pukul 08.00 terdengar pengumuman untuk masuk ke ruang tunggu. Para penumpang dipersilakan masuk ruang tunggu sesuai gate pesawat masing-masing. Rombongan FKUB Kabupaten Karimun pun masuk bersama penumpang lain. Dan pukul 08.13 rombongan masuk pesawat Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU 731 sebagaimana tertera pada ticket. Duduk sesuai nomor. Pesawat ini akan menempuh rute Denpasar Jakarta sebagai penerbangan pertama sebelum melanjutkan (transit) menuju Batam. Dari Jakarta kami akan terbang ke Batam.

Pukul 08.36 pesawat mulai bergerak. Berjalan menuju awal landasan untuk tinggal landas (take off) menuju Sukarno-Hatta, Jakarta. Dari berjalan pelan berangsur kencang dan kencang lagi. Tepat pukul 08.44 terasa pesawat sudah tak menggunakan rodanya. Artinya pesawat ini saat ini sudah mengudara untuk menembus langit Bali menuju langit Jakarta.

Perjalanan Bali-Jakarta yang tenang membuat terasa sampainya lebih cepat. Pukul 10.22 (09.22 WIB/ Waktu Jakarta) pesawat mendarat selamat. Beberapa menit berikutnya pesawat berhenti dan penumpang dipersilakan keluar pintu kiri bagian depan pesawat. Penumpang ke Jakarta sudah cukup sampai di sini. Tapi penumpang yang akan melanjutkan penerbangan diarahkan menuju ruang transit alias ruang tunggu berikutnya. Rombongan FKUB Karimun adalah penumpang yang akan melanjutkan penerbangannya ke Batam. 

Setelah melapor dan lanjut ke check in kembali, rombongan diarahkan menuju ruang tunggu. Kini menunggu keberangkatan ke Batam. Dan pukul 10.15 (WIB) penumpang dipersilakan masuk ke pesawat dengan no penerbangan IU858 sebagaimana tertera pada ticket atau boarding pass masing-masing. Dengan teratur rombongan antri bersama penumpang lainnya. Dengan menunjukkan boarding pass masing-masing penumpang keluar terminal menuju pintu pesawat.

Kali ini penumpang menunggu agak lama di dalam pesawat. Dari pengumuman krewu pesawat pengumuman disampaikan, karena saat ini sedang mengisi minyak diminta penumpang untuk tidak/ belum memasang tali pinggang untuk duduk alias seat beelnya. Setelah selesai pengisian bahan bakar diarahkan untuk memasang ikat pinggang dan duduk sesuai ketentuan. Tepat pukul 10.53 pesawat mulai bergerak, berjalan menuju awal landasan untuk tinggal landas (take off) menuju Hang Nadim, Batam. Menunggu sejenak, izin dari menara, baru berbelok arah ke landasan pacu. 

Selanjutnya pesawat mulai berjalan dan tepat 11.03 pesawat sudah tinggal landas. Penumpang dapat merasakan detik roda pesawat meninggalkan landasan pacu bandara ini. Para penumpang tampak mulai menyandar tenang dan sebagiannya tidur. Perjalanan juga terasa aman. Tepat pukul 12.20 pesawat menjejakkan rodanya di Bandara Hang Nadim. Penumpang keluar untuk selanjutnya mengambil barang bawaan di lokasi pengambilan tas atau bawaan lainnya. 

Kini, pengurus FKUB Karimun sudah kembali ke daerah sendiri, Batam untuk selanjutnya akan menuju Pelabuhan Sekupang, Batam. Sebelum ke pelabuhan, rombongan diarahkan terlebih dahulu untuk makan siang. Setelah itu barulah bus menuju ke Pelabuhan Sekupang untuk berangkat menuju Karimun. Alhamdulillah, perjalanan Bali-Jakarta-Batam dan Karimun dilewati dengan aman dan tenang. Selamat berjumpa kembali dengan keluarga yang sudah ditinggal selama lima hari ini.***
Drs. HM. Rasyid Nur, MM 
Ketua FKUB Kabupaten Karimun

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar