11 Okt 2023

Peringatan Maulid Nabi di Desa Sebele Dihadiri Sekda


BERTEMPAT di lapangan tepi pantai Desa Sebele, Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun, Selasa (10/10/2023) malam dilaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, MSi. Sekda membawa beberapa orang pejabat kabupaten, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama dan pimpinan Ormas Tingkat Kabupaten Karimun. 

Menjadi penceramah pada peringatan Maulid Nabi Tingkat Desa, ini adalah Habib Alwi bin Muhammad Al-Athasy dari Jakarta. Habib Alwi juga membawa rombongan beberapa orang. Termasuk tim hadhrah sahbul quran yang mengisi waktu selang menjelang acara inti. Tim hadhrah juga mengiringi salawat sejenak sebelum ceramah Habib dimulai. Selama kurang-lebih satu jam Habib Alwi memberikan siraman rohani kepada masyarakat Desa Sebele dan sekitarnya yang hadir malam ini. 

Prosesi acara diawali lantunan Salawat Busyro, lalu pembacaan ayat-ayat suci alqur'an oleh salah seorang qori dari rombongan habib juga. Acara selanjutnya sambutan dari Kepala Desa selaku panitia pelaksana kegiatan peringatan ini. Pak Kades selain menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat dan panitia, terlebih dia mengucapkan terima khusus kepada Sekda yang hadir pada acara ini. Lebih dari itu, Sekda juga membawa rombongan yang cukup ramai yang di dalamnya ada penceramah kondang dari Jakarta. "Terima kasih, Pak Sekda karena telah hadir dan membawa tim hebat ini." Demikian Kades menyampaikan dalam sambutannya.

Sebelum acara Habib Alwi berupa pemabcaan Salawat dan Tausiah terlebih dahulu sambutan Sekda, Dr. H. Muhammad Firmansyah, MSi. Pesan Pak Sekda mengingatkan dan mengajak masyarakat khususnya yang hadir untuk senantiasa bersyukur karena acara ini dapat dihadiri oleh seorang habib, zuriat Nabi Muhammad Saw. Tidak semua daerah dapat kesempatan seperti ini, katanya. Banyak bersyukur semoga Allah akan menambah banyak lagi nikmat untuk kita, katanya. 

Pada kesempatan itu Sekda juga mengingatkan bahwa pulau ini, Pulau Belat, ini sekarang adalah sebuah kecamatan, bukan lagi desa. Untuk itu, ayo mari dihidupkan ekonomi masyarakat. katanya, Pemerintah akan terus membangun meskipun dana terbatas agar kehidupan masyarakat semakin sejahtera. 

Acara berikutnya, sebagai acara inti adalah pembacaan salawat dan ceramah Habib Alwi bin Muhammad Al-Athas. Dengan mengulas kisah Rasul sebagai utusan Allah yang adalah sumber teladan umat, Habib mengajak masyarakat untuk terus mencintai Rasul. Caranya adalah dengan meneladaninya. "Mari kita amalkan ajarnya sebagai ibadah kita kepada Allah," pesannya.
Selamat satu jam Habib menyampaikan ceramah dan masyarakat tetap antusias menyimak meskipun hari sudah malam.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar