10 Okt 2023

Kunjungan Singkat Penuh Manfaat (Catatan Kunjungan Bupati di Pesantren As-Shiddiqiin)


SABTU (07/10/10/2023) malam, itu Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si masih menyempatkan untuk memenuhi undangan (permintaan) pengasuh Pndok Pesantren Tahfizh Quran As-Shidiqin, Sungai Raya, Meral, Ustaz Zainur Rasyid. Konon sudah beberapa kali Ustaz Rasyid menyampaikan harapan kepada Bupati untuk dapat kiranya hadir dalam satu acara di pondok ini. Sayangnya, bupati belum dapat memenuhi harapan itu. Malam inilah akhirnya disempatkan.

Sebenarnya hari ini dan beberapa hari ini Bupati masih padat kegiatan. Setiap hari ada empat-lima kegiatan yang terkadang harus diikuti bupati. Hari ini, misalnya, salah satunya adalah memenuhi dan mengikuti rangkaian kegiatan Reuni Akbar SMA Negeri 1 (dulu namanya SMA Negeri 397) yang dia sendiri adalah salah seorang alumninya. Kali ini adalah Reuni Akbar yang melibatkan banyak angkatan. Tidak tanggung-tanggung, reuni kali ini kabarnya melibatkan 50 angkatan, sejak 1969 hingga angkatan 2019.

Meskipun sibuk begitu, sore menjelang magrib ke Isya, bupati melihat ada lowong waktu. Meskipun sesungguhnya jeda waktu magrib ke Isya, jarang sekali ada kegiatan mengingat waktu yang singkat. Tapi bupati, menyempatkan di saat ini. Bakda Isya, dia sudah ada jadwal. Maka jadilah Pak Bupati dengan beberapa orang mendampinginya hadir ke Pondok Pesantren yang baru berdiri ini.

Kunjungan Bupati kali ini diwali dengan salat Magrib bersama di pondok. Bupati tadinya akan salat magrib di Masjid Al-Huda, Sungai Raya Kecil yang jaraknya sudah tidak jauh dari lokasi Ponpes. Namun karena di lokasi ternyata juga melaksanakan salat berjamaah bersama santri, maka bupati memutuskan salat di Ponpes saja. 

Bakda magrib langsung bisa pertemuan dengan pengasuh pondok, Ustaz Zainur Rasyid. Bupati menanyakan berbagai hal tentang keadaan Ponpes yang saat ini baru mengasuh 10 orang santri yang mondok langsung (muqim) di Ponpes dan 80 orang yang tidak tinggal di Ponpes (pulang ke rumah masing-masing). Ternyata santrinya sudah lumayan ramai.

Meskipun kunjungan ini begitu singkat tapi dapat dipastikan banyak manfaatnya. Setidak-tidaknya, bupati kini tahu ada sebuah Ponpes yang mengasuh santri calon-calon hafizh-hafizhoh di Kabupaten Karimun. Bupati juga tahu kalau Ponpes ini sangat memerlukan uluran tangan (bantuan) dari Pemerintah selain kontribusi (bantuan) dari masyarakat sendiri. Lokasi Ponpes yang tergolong masuk ke dalam dan memerlukan akses jalan juga kini diketahui bupati untuk saatnya nanti jalan yang sudah ada dapat ditambah atau diperpanjang lagi.

Malam ini bupati juga menyampaikan pesan-pesan dan harapan-harapan kepada pengasuh pondok, bagaimana kemajuan dan perkembangan pondok ini terus ditingkatkan. Satu hal penting dari kunjungan ini adalah bahwa bupati sudah memenuhi harapan pengasuh untuk datang ke Ponpes sementara di sisi lain, Ustaz Rasyid pun merasa Pemerintah Kabupaten (bupati) sudah memenuhi undangannya yang sudah lama tertunda. Kita berdoa, semoga Ponpes ini semakin maju dan berkembang sesuai harapan masyarakat.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar