9 Okt 2023

Pertemuan IPHI Kabupaten di Kecamatan Kundur Berjalan Lancar


PERTEMUAN bulanan IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun yang disejalankan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1445 (2023) di Aula Gedung IPHI Kecamatan Kundur, Ahad (08/10/2023) telah berjalan dengan baik dan lancar. Pertemuan Bulanan IPHI Kabupaten yang lazimnya dihelat di Balai Haji Tebing, Karimun kini dilaksanakan di kecamatan di luar Pulau Karimun, Kecamatan Kundur. 

Hadir Sekda Kabupaten Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, MSi mewakili Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq yang beralangan hadir karena kegiatan yang bersamaan waktunya di tempat lain. Hadir juga para pejabat kecamatan (Kundur, Kuba dan Kuta) yang ada di Pulau Kundur. Anggota IPHI yang hadir adalah anggota IPHI Kecamatan Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara , Ungar dan Belat, selain pengurus PD IPHI Kabupaten Karimun.

Ketua PD IPHI, H. Haris Fadilah dalam Sekapur Sirih menyatakan, bahwa sebagian pengurus PD IPHI berkesempatan hadir di Kundur ini. "Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Sekda yang sudah hadir mewakili bupati. Kedua, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan Pengurus Cabang IPHI Kecamatan Kundur selaku tuan rumah kegiatan ini." 

Ketua IPHI Kabupaten, itu secara khusus menyatakan penghargaan karena PC IPHI Kecamatan telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan ini. Tentu juga kepada semua yang telah mendukung kegiatan ini, diucapkan terima kasih. Kata Pak Haris lagi, bahwa kegiatan ini adalah gabungan kegiatan PD IPHI dengan PC IPHI Kundur. Kegiatan IPHI Kabupaten yang dilaksanakan oleh IPHI Kecamatan Kundur. Sesuai moto, Haji Mabrur Sepanjang Hayat maka setiap bulannya dilaksanakan pertemuan IPHI sekaligus sebagai ajang Majelis Ilmu untuk terus menambah dan mengembangkan ilmu para haji-hajjah.

Lebih jauh Ketua IPHI menjelaskan beberapa manfaat kegiatan ini, antara lain, Pertama sebagai ajang silaturrahim karena susah bertemu sekaligus sebanyak ini. Dengan silaturrahim dapat memperpanjang umur dan murah rezeki; Kedua, dengan majelis ilmu kita dapat menambah ilmu atau menyebarkan ilmu; Ketiga, ada kesempatan berinfak dan sedekah di setiap kesempatan seperti ini; Keempat, saling bantu hal yang mendesak. Misalnya membantu IPHI Kundur yang saat membangun Gedung IPHI. Demikian antara lain sambutan Ketua PD IPHI Karimun itu.

Sekda Karimun, Pak Firmansyah dalam sambutannya menyampaikan pentingnya keberadaan IPHI yang tak ada di negara lain. Hanya di Negara Indonesia adanya IPHI, katanya. Untuk itu marilah dimanfaat keberadaan IPHI dengan sebaik-baiknya. 

Berkaitan dengan peringatan Maulid Nabi, Pak Sekda mengajak hadirin untuk selalu dan memperbanyak salawat kepada Nabi Muhammad Saw. "Marilah kita perbanyak bersalawat kepada Rasulullah karena Allah saja bersalawat kepada Baginda Rasulullah Saw," katanya mengajak.

Menyampaikan tausiah pada kesempatan ini adalah Ustaz Raja Muhammad Innamul Hasan AlHafiz. Tema peringatan ini adalah, Keteladanan Akhlak Nabi Muhammad Saw Sebagai Landasan Meraih Prestasi. Harapannya, dengan meneladani Nabi kita mampu pula meraih prestasi.

Diawali dengan pertanyaan, apakah memperingati Maulid Nabi boleh atau tidak? Ustaz menjawab sendiri. katanya, berdasarkan pendapat ulama memperingati Maulid Nabi itu boleh dan diperlukan. Dengan peringatan kita menambahkan cinta kepada Nabi. Ada banyak kisah sahabat yang cinta Nabi, sampai mengorbankan pisiknya.

"Sebagai umat akhir zaman mari kita tunjukkan cinta kepada nabi. Ikuti Sunnah Nabi. Salah satu, misalnya tutup kepala saat buang air di WC," katanya. Menurut ulama, katanya, bahwa menutup kepala saat buang air, diyakini agar tidak bebal kepada kita dalam urusan agama," katanya. Ceramah yang relatif singkat mengingat waktu zuhur yang sudah dekat, sesungguhnya sangat banyak yang disampaikan oleh ustaz muda ini.*** (M. Rasyid Nur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar