30 Nov 2023

Bupati Lantik Pengurus Karo Merga Silima Kabupaten Karimun



BERTEMPAT di Gedung Nasional, Rabu (29/11/2023) telah dilaksanakan Pelantikan Pengurus Perkumpulan Karo Merga Silima Kabupaten Karimun periode 2023-2028 oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si. Upacara pelantikan dihadiri oleh para pejabat Kabupaten Karimun termasuk pimpinan Ormas selain seluruh warga Karo Silima yang ada di Karimun. Beberapa pengurus organisasi warga Batak yang ada di Karimun juga hadir pada acara pelantikan.

Prosesi acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya bersama-sama.  Dilanjutkan doa oleh salah seorang tokoh Agama Kristen. Selanjutnya laporan Ketua Panitia, Gracious Kesuma Prinstama Parangin Angin, SH, MH. Dalam laporannya Ketua Panitia mengatakan bahwa acara pelantikan ini terlaksana berkat kerja sama diantara pengurus dan warga Karo Silima yang ada di sini. Untuk itu, atas nama semua panitia dia menyatakan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan tenaga, pikiran dan bentuk lain dalam kegiatan ini.

Acara selanjutnya adalah pelantikan kepengurusan Karo Merga Silima Kabupaten Karimun oleh bupati. Prosesi acara diawali dengan pembacaan SK (Surat Keputusan) Ketua Karo Merga Silima Karimun tentang Kepengurusan Karo Merga Silima Kabupaten Karimun periode 2023-2028 oleh salah seorang panitia. Selanjutnya setiap nama yang disebutkan dalam lampiran SK tersebut langsung maju dan berbaris di depan. Setelah semua pengurus lengkap naik panggung, bupati dipersilakan naik dan melantik para pengurus.

Kegiatan pelantikan berjalan lancar dan diteruskan dengan pidato Sambutan Ketua Pengurus Karo Silima, Dr. Vandarones Purba, ST, SH, MH. Dalam sambutannya Vandarones menjelaskan bahwa perkumpulan ini pada bulan Juli 2023 berulang tahun ke-35. Artinya usianya sudah lama. Lebih jauh dia mengatakan, perkumpulan ini bersama masyarakat lainnya akan terus ikut membangun Kabupaten Karimun. 

"Batak itu ada lima etnis. Ini adalah salah satunya," kata Ketua Pengurus. Dia mengatakan kalau orang Batak di Karimun akan menjaga kekompakan dengan masyarakat lainnya. Di bagian lain Vanderones juga menyampaikan aspirasi masyrakat Karo yang berharap Bupati Karimun dapat melanjutkan estafet memimpin Kepri. Katanya, kami warga karo merga Silima akan mendukungnya, katanya.

Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si yang memberikan sambutan dan pengarahan di bagian akhir mengatakan bahwa kepengurusan ini adalah untuk meneruskan kepengurusan sebelumnya yang sudah selesai masa pengabdiannya. "Keberadaan warga Karo Merga Silima Kabupaten Karimun sangatlah penting sebagaimana warga lainnya." Katanya lagi, Pemerintah Karimun mengucapkan selamat atas pelantikan kepengurusan ini. Bupati berharap agar warga Karo menjaga kekompakan, juga dengan warga lainnya. 

"Kalau dilihat warga Batak Sumatera Utara cukup banyak di Kabupaten Karimun. Untuk itu perlu dicamkan dalam hati bahwa kita adalah orang Karimun asal Karo. Susah senang tetap bertanggung jawab dengan Karimun." Bupati ingin agar semua suku yang ada di Karimun ini menjaga daerah ini bersama-sama. Kita boleh banyak suku, tapi adalah warga Karimun. Demikian bupati mengingatkan kepada para hadirin.*** (M. Rasyid Nur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar