7 Des 2023

Mengukur Arah Kiblat di Musalla (Calon Masjid) An-Nur Batu 9 Kundur


Catatan M. Rasyid Nur
KUNJUNGAN kerja tiga lembaga --Kemenag, MUI, dan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Karimun-- ke Musalla An-Nur batu 9 Tanjungbatu, Kundur, Kamis (07/12/2023) ini sesungguhnya membawa misi cukup penting. Tiga lembaga sekaligus mengadakan kunjungan untuk survey lapangan. Ada dua misi, yakni meninjau (survey) lapangan Musalla An-Nur yang diusulkan masyarakat (pengurus) menjadi masjid dan mis lainnya, memeriksa (mengukur) arah kiblat salat yang sesuai dengan arah yang sebenarnya. Musalla yang sudah ada sejak belasan tahun lalu itu sesungguhnya sudah dipergunakan menjadi tempat salat. Tentu saja sudah menggunakan arah kiblat sesuai yang disepakati.

Untuk menindaklanjuti usulan pengurus musalla yang ingin meningkatkannya menjadi masjid maka diperlukan persetujuan atau rekomendasi dari FKUB. Ketentuan ini mengacu kepada Peraturan Bersama Dua Menteri (PBM), Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri yang sudah berlaku. Pengurus FKUB hadir adalah sebagai bagian tugas dan fungsinya untuk mengeluarkan rekomendasi akan berdirinya rumah ibadah (masjid) di daerah ini. Pengurus MUI turun juga untuk meninjau musalla yang yang akan menajdi masjid dari kelengkapan dokumen yang disyaratkan untuk boleh berdirinya sebuah rumah ibadah umat Islam. Hasil peninjauan MUI ini akan menajdi kelengkapan dokumen ke FKUB sebelum diusulkan ke Kemanag Kabupaten Karimun.

Sementara kehadiran pegawai Kemenag Kabupaten Karimun adalah untuk meninjau dan mengukur ulang arah kiblat musalla yang selama ini sudah dipakai untuk arah kiblat. Apakah arah itu sudah sesuai dengab ketentuan, 293 derajat atau belum. Dan untuk musalla An-Nur yang menjadi sasaran survey ternyata memang belum sesuai arah kiblat yang selama ini dipergunakan jamaah. Barulah sejak diukur hari ini arah itu ditetapkan sesuai dengan arah yang sebenarnya.

Tim Kabupaten Foto Bersama pengurus

Jadi, kunjungan tiga lembaga selevel kabupaten ke Pulau Kundur, persisinya di daerah batu sembilan (Musalla An-Nur) itu tentulah sangat penting. Setelah menempuh perjalanan dari Karimun ke Selat Beliah dan meneruskan ke Batu 9 Tanjungbatu Kundur, rombongan langsung melakukan peninjauan ke musalla dimaksud. Para pengurus juga sudah siap menanti rombongan dari Tanjungbalai Karimun.

Setelah melihat-lihat bagian luar musalla, rombongan dipersilakan masuk. Semua pengurus beberapa jamaah yang hadir bersama masuk ke ruang musalla. Pertemuan dilangsungkan dengan dipandu oleh H. Endang Sriwahyu yang kehadirannya sebagai perwakilan MUI. Ketua MUI Kabupaten beralangan hadir. Setelah Ketua FKUB memberikan sambutan dan penjelasan pertemuan dilanjutkan dengan tanya jawab masalah rencana perubahan musalla menjadi masjid. Intinya, semua pengurus dapat memahami hal-hal penting berkaitan dengan rencana ini.

Selanjutnya dilakukan pengukuran arah kiblat yang akan dipakai setelah pertemuan ini menyepakatinya. Ternyata ada perbedaan arah yang selama ini dipakai oleh jamaah. Bagaimanapun itu tidak menjadi masalah karena begitulah pengetahuan awal saat berdirinya musalla. Setelah ini ke depan barulah akan dipergunakan arah kiblat baru hasil pengukuran ini. Semua pihak yang hadir saling memberikan kontribusinya untuk kebaikan ke depan. Semoga saja apa yang sudah dilakukan ini, adalah bagian yang benar-benar diharapkan oleh masyarakat (jamaah) musalla yang tengah diusulkan menjadi masjid itu. Semoga.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar