1 Feb 2024

Dari Silaturrahim Bupati, Masyarakat Berharap Penuhi Janji


INILAH sedikit catatan kegiatan silaturrahim bupati. Kali ini Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, ini bersilaturrahim dengan masyarakat Desa Sungai Ungar Utara, Kecamatan Kundur Utara, nun jauh dari Karimun ini. Silaturrahimnya dilaksanakan pada hari Rabu (17/01/2024) pagi, di bawah tenda di depan Kantor Desa nan asri. 

Bersama rombongan bupati ada para tokoh masyarakat dan tokoh agama sekali. Sebutlah seperti Ketua MUI Kabupaten, Ketua Baznas Kabupaten, Ketua PMKK/ Bakomubin dan Ketua FKUB. Semuanya level kabupaten. Bupati juga didampingi beberapa orang Kepala Dinas Kabupaten Karimun, seumpama Kepala Dinas PUPR yang masih muda itu.

Kabarnya, silaturrahim ini adalah inisiatif Kepala Desa (Kades) Sungai Ungar Utara yang konon juga masyarakatnya meminta bertemu dan bersilaturrahim dengan Bupati. Sebagai pimpinan di desanya, Kades mengundang Bupati ke sini. Menyeberangi laut, pasti. Berangkat agak pagi agar sampai tidak terlalu siang hari. 

Kebetulan juga ada beberapa pembangunan dari dana APBD Kabupaten Karimun tengah dikerjakan di desa ini. Baik yang sudah selesai maupun yang masih terbengkalai karena masih dalam proses pengerjaan proyek-proyek itu ingin ditinjau bupati. Sementara dari sisi masyarakat, merreka ingin pembangunan itu dilihat bupati.

Sambutan Bupati dalam prosesi acara resmi, dia mengatakan bahwa bantuan pemerintah berupa pokir anggota Dewan sesungguhnya adalah uang APBD usulan Pemda dan persetujuan DPRD dengan keputusan Bupati. Artinya, atas tanda tangan bupati juga maka pembangunan itu dapat disalurkan sesuai perencanaan. "Jangan seolah-olah hanya bantuan dari Dewan saja. Itu program pemerintah," katanya di depan ratusan masyarakat desa.

Ditambahkan bupati bahwa dana Desa itu ada dari APBN ada pula dari APBD. "Untuk desa Sungai Ungar Utara tahun ini kurang-lebih 2 M diperuntukkan," jelas bupati. Dia juga menjelaskan perihal pembayaran insentif RT RW per tiga bulan serta beberapa jenis insentif lainnya. Bagi masyarakat desa, silaturrahim pemerintah seumpama bupati ini adalah satu penghargaan tersendiri bagi mereka. Mereka amerasa dikunjungi pimpinannya. Dan itu adalah bagian dari cara bupati memenuhi janji. Karimun semakin aman dan damai dengan pembangunan yang kian merata.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar