31 Mar 2024

Pemkab Karimun Menggelar Tabligh Akbar Memperingati Nuzulul Qur’an 2024


PEMDA (Pemerintah Daerah) Kabupaten Karimun menggelar kegiatan tabligh akbar dengan penceramah da'i kondang, Habib Alwi bin Muhammad Al-Athos. Tabligh Akbar dilaksanakan dalam rangka memperingati Nuzul Qur’an pada Ramadan 1445 (2024) ini. Kegiatannya dihelat di Masjid Ibadurrahman, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Kepri, Kamis (28/03/3034) malam.

Peringatan Nuzul Quran yang mengusung tema Bacalah Qur’an, Sungguh Al-Quran akan Memberi Syafaat bagi Pembacanya di Hari Kiamat dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Kabupaten Karimun serta beberapa orang pimpinan Forkopimda Kabupaten Karimun. Hadir juga Kakankemenag, Ketua BKMT Kabupaten, para Ketua Ormas Islam, tokoh agama dan masyarakat selain anggota Tim Safari Ramadan Bupati dan Wakil Bupati.

Sesuai undangan yang diedarkan Pemda melalui Bagian Kesra, Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun para undangan diminta hadir sebelum waktu magrib. Kata Kabag Kesra, Baginda Malim Siregar, sebelum dilaksanakan Tabligh Akbar akan diawali berbuka puasa bersama bagi seluruh undangan. Setelah itu dilanjutkan dengan salat magrib dan salat isya serta tarwih setelah sebelumnya makan malam bersama. 

Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq dalam sambutannya mengatakan bahwa pada malam ke-18 hari berpuasa Ramadan 1445 Pemda bersama masyarakat menghelat kegiatan Nuzul Quran dengan mendatangkan Habib Alwi sebagai penceramah. Mari kita simak kajian yang nanti akan disampaikan Habib, pinta bupati.

“Malam ini kita memperingati malam Nuzulul Qur’an. Semoga segala amal ibadah kita diterima di sisi Allah Swt,” kata Bupati, Aunur Rafiq dalam sambutan pengarahannya. Lebih lanjut dikatakannya, bahwa Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya kitab suci Al-Quran kepada Nabi Muhammad Saw melalui Malaikat Jibril. Katanya, menurut ulama peristiwa turunnya alquran pertama kali adalah tanggal 17 Ramadhan. Itulah sebabnya diperingati Nuzul Quran setiap tanggal ini.

“Salah satu hikmah membaca alquran adalah mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah. Sedangkan hikmah membaca Al Quran di malam Nuzulul Qur’an adalah kiranya kita mendapatkan pahala serta syafaatnya di hari kiamat,” ungkap Bupati. Untuk itu, ia mengajak masyarakat Kabupaten Karimun agar kembali mendengarkan dan mengimplementasikan Al Quran didalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga peringatan Nuzulul Qur’an pada Ramadhan 1445  ini membawa perubahan untuk menjadikan masyarakat kabupaten yang mencintai Al Qur’an.” Demikian Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyampaikan pesan-pesannya.*** (M. Rasyid Nur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar