Karimun (mau) Sehat, Karimun (wajib) Bersih

SLOGAN 'Karimun Sabtu Bersih' sudah terang maksudnya: Kabupaten Karimun menjadi kabupaten yang bersih dengan tradisi setiap Sabtu adalah hari bersih-bersih. Dengan slogan itu pula diharapkan semua komponen masyarakat dan masyarkat pribadi secara keseluruhan memiliki kesadaran untuk menjadikan daerahnya di seantero kabupaten menjadi kawasan yang bersih, indah dan sehat.
Bersih-bersih dengan maksud melaksanakan aktivitas membersihkan atau membuat bersih rumah,  pekarangan, lingkungan atau kawasan di mana pun masyarakat berada dan beraktivitas. Dengan bersih-bersih itu pula diharapkan semua tempat di sekitar masyarakat itu adalah tempat yang bersih sesuai keadaan dan kegunaannya masing-masing. 

Target bersih, sesungguhnya tidak sekadar membuat nyaman pemandangan, membuat indah kawasan untuk dilihat, tapi bersih yang dicanangkan itu hendaklah menuju ke target kesehatan bagi masyarakat atau apa saja yang ada di daerah ini. Kita ingin sehat, hewan ternak kita ingin sehat, tumbuh-tumbuhan pun ingin sehat. Maka untuk mencapai target sehat bagi semua itulah perlu lingkungan yang bersih dan sehat.

Sampah seperti ini tak harus ada
Tentu tidak akan mudah mewujudkannya. Pasti tidak akan semudah mengatakannya. Oleh karena itulah Program Sabtu Bersih haruslah menjadi ikon budaya hidup sehari-hari masyarakat. Dengan tidak mengurangi 'bersih-bersih' di hari lain, namun hari Sabtu yang notabene adalah akhir pekan yang lazim disebut sebagai hari libur dari pekerjaan rutin di kantor, hendaklah diefektifkan untuk membersihkan lingkungan atau tempat tinggal masing-masing.

Jadi, jika Karimun ingin meraih predikat sehat maka raihlah pula predikat bersih. Dimulai dari rumah tangga sendiri, lingkungan di sekitar rumah sendiri, di lingkungan kantor atau sekolah dan di mana saja, diteruskan dengan tempat dan daerah yang lebih luas dan jauh dari tempat tinggal kita. Itulah harpan dan sasaran yang mesti dilaksanakan.

Insyaallah,  dengan raihan piala adipura yang sudah pernah dapat, pertanda kebersihan sudah dijaga dan diusahakan, maka mari terus itu dipertahankan. Tentu tidak cukup dipertahankan. Harus ditingkatkan. Semoga.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: