Catatan Rencana Pelaksanaan MTQ Tahun 2020: dari Kecamatan ke Kabupaten

TANAIKARIMUN.COM - HARI Selasa (21/01/2020) lalu dilaksanakan Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ (Musbaqoh Tilawatil Quran) Tingkat Kabupaten tahun 2020 bertempat di Ruang Rapat Utama, Cempaka Putih Kantor Bupati. Pada rapat yang dipimpin oleh Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim selaku Ketua Umum LPTQ Kabupaten itu juga membahas jadwal MTQ Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Karimun. Seperti biasa, sebelum bermusabaqoh di kabupaten, para peserta bermusabaqoh terlebih dahulu di kecamatan. Pemenangnya itulah yang diadu di tingkat Kabupaten.

Untuk MTQ Tingkat Kecamatan akan bermula pada 01 Februari ini di Kecamatan Meral dan akan berakhir di Kecamatan Ungar pada 26 Februari 2020. Setiap kecamatan berdurasi selama empat hari untuk melaksanakan MTQ di kecamatan. Setiap kecamatan akan melombakan semua cabang yang pesertanya tersedia di kecamatan masing-masing.

Biasanya ada beberapa cabang atau golongan yang tidak dipertandingkan di tingkat kecamatan tersebab tiada peserta. Cabang-cabang yang rata-rata belum ada pesertanya adalah Cabang MMQ, Cabang Tafsir dan Cabang Qiro'at. Di tingkat kabupaten juga tidak diperlombakan. "Biasanya hanya dengan pembinaan saja untuk mewakili Kabupaten Karimun ke MTQ Tingkat Provinsi." Begitu dijelaskan oleh salah seorang pengurus LPTQ Kabupaten.

Diperoleh juga informasi bahwa untuk MTQ Tingkat Kabupaten Karimun akan dilaksanakan pada 8-14 Maret 2020 yang akan datang setelah semua kecamatan melaknsakan MTQ-nya. Bertindak sebagai tuan rumah untuk MTQ Tingkat Kabupaten tahun ini adalah Kecamatan Meral. Itu pula sebabnya maka Kecamatan Meral melaksanakan MTQ Kecamatan yang paling awal.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: