Alasan Utama Kita Berjamaah



SECARA umum kita --orang Islam-- memahami pentingnya salat berjamaah. Paham betul kalau salat berjamaah lebih baik dari pada salat sendiri-sendiri. Untuk itu kesempatan salat berjamaah selalu diusahakan untuk didapatkan.

Secara khusus boleh jadi kita tidak atau belum memahaminya. Alasan apa yang menajdi dasar kita harus berjamaah setiap melaksanakan salat (terutama salat wajib) mungkin saja ada yang sudah lupa, atau belum memahami sama sekali. Selama ini karena keingina berjamaah lalu kita ikut-ikut saja. Maka perlu juga kita memahaminya.

Tentu saja ada sekian banyak hikmah yang dapat dipetik dari salat berjamaah. Setiap pekerjaan yang dikerjakan bersama seumpama salat berjamaah sejatinya memang lebih baik. Ada nilai-nilai kebersamaan di dalamnya. Ada juga nilai-nilai kekompakan dan silaturrahim di dalamnya. Namun demikian pandangan dari sisi agama, itu lebih utama untuk dipahami.

Mengutip tulisan singkat berjudul Inilah 4 Alasan Harus Salat Berjamaah yang diposting Mas Ruhi di situs hajinews.id pada hari Ahad (26/09/2021) kemarin menerangkan secara gambalng pentingnya salat berjamaah. Setidak-tidaknya ada empat alasan mengapa muslim ahrus salat berjamah.

1. Salat Berjamaah Punya Derajat Lebih Utama;
Sebagaimana dijelaskan dalam salah satu hadits Nabi yang maknanya begini, "Salat jamaah itu lebih utama dari pada salat sendiri, dengan selisih dua puluh tujuh derajat." Artinya, jika dibuat level solat itu berurutan dari level satu hingga ke atas, maka solat berjamaah berada di level ke-27

2. Besarnya Berjamaah Isya dan Subuh;
Dalam salah satu hadits Nabi bersabda, "Barangsiapa salat isya berjamaah maka seperti ia bangun salat tengah malam, dan barangsiapa salat subuh berjamaah maka ia seperti salat semalam suntuk." Betapa besarnya pahala salat subuh dan isya jika dapat dilaksanakan secara bersama-sama atau berjamaah. Mengapa subuh dan isya begitu diistimewakan? Karena ternyata tidak mudah kita melaksanakan salat subuh berjamaah dengan alasan tidur. Atau salat isya dengan alasan sudah terlalu malam. Untuk itu Allah janjikan pahala yang begitu besar.

3. Menghambat Setan untuk Menguasai Kampung;
Mengacu kepada hadits Nabi yang menjelaskan bahwa jika dalam satu daerah atau kampung tidak ada pelaksanaan salat berjamaah maka kampung itu dikatakan Nabi sudah dikuasai oleh setan. Rasulullah Saw bersabda, "Tidak ada tiga orang atau lebih di dalam suatu kampung atau di suatu pedalaman, (mereka) tidak mendirikan salat berjamaah kecuali benar benar setan sudah menguasai atas penduduk kampung yang tidak jamaah itu. Maka tetaplah kalian melaksanakan salat berjamaah. Karena sesungguhnya bakal menyergap serigala pada kawanan kambing yang terpisah."

Jadi, Nabi mengiktibarkan orang yang tidak salat berjamaah itu ibarat kambing yang lepas dari kawanannya. Ia akan mudah menjadi incaran dan sasaran setan dan kaum-kaum musyrik dan munafik sehingga terjerumus dalam kesesatan. Nauzubillah.

4. Menjauhi Rasa Kesal Rasulullah;
Ternyata Nabi sangat kesal kepada orang-orang yang tidak melaksanakan salat berjamaah dalam satu daerah. Kata Rasulullah Saw, "Jika sampai benar-benar orang-orang lelaki berhenti meninggalkan jamaah, aku bakar rumah-rumah mereka." Itu tentu saja perasaan kesal yang didinyatakan oleh Nabi. Jika kita ingin menjauhkan diri dari rasa kesal Nabi maka marilah melaksanakan salat berjamaah.

Itulah beberapa alasan secara agama, mengapa kita sebagai muslim harus melaksaakan salat berjamaah setiap hari dan setiap waktu. Selain janji pahala yang besar dari Allah, juga kita sudah menunjukkan rasa cinta kita kepada agama sekaligus keapda Rasulullah.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: