Amalan-amalan untuk Mempercepat Hadirnya Rezeki


MAUT, rezeki dan jodoh adalah rahasia Tuhan. Hanya Allah yang tahu kapan kematian mendatangi seseorang dan dimana. Berapa dan bagaimana seseorang beroleh rezeki juga Allah yang tahu. Tentang jodoh, pun hanya Allah yang tahu, dengan seseorang akan beristeri atau bersuami. Namun, kesemua itu Allah perintahkan untuk adanya usaha dan doa agar Allah ijabah.

Tentang rezeki yang sering mendominasi hidup sehari-hari Allah mengatakan bahwa Allah menjamin rezeki hamba-Nya. Hanya saja kita sebagai manusia ingin mendapatkan kemudahan rezeki dan dengan rezeki yang halal. Dalam firman-Nya Allah mengatakan, “Dan tidak ada satu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semua tertulis dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfuzh)”. (QS. Hud 11: 6).

Dalam tulisan berjudul Hikmah Pagi: 7 Amalan Ringan Mampu Percepat Datangnya Rezeki yang diposting Sitha di situs hajinews.id hari Kamis (16/09/2021) kemarin menyebutkan ada tujuh amalan yang dipercaya akan memudahkan dan mempercepat datangnya rezeki bagi seseorang. Alamannya ringan untuk dilakukan tapi hikmahnya besar untuk diterima. 

Dengan menyitir buku “Mempercepat Datangnya Rezeki dengan Ibadah Ringan” karya KH. Mukhlis Aliyudin, dan H. Enjang AS, Sitha menuliskan beberapa amalan yang bisa membuka rezeki manusia.

Kita tahu bahwa rezeki sebagai sesuatu yang kita dapatkan di dunia ataupun di akhirat adalah salah satu tujuan dan harapan dalam kehidupan manusia. Agama mengajarkan kalau rezeki bisa datang dari mana saja, termasuk yang berasal dari amalan-amalan ringan.

Satu hal yang perlu menjadi pemahaman kita adalah bahwa semua yang ada di dunia ini pada hakikatnya bukanlah milik kita. .Kita mempunyai harta, anak-isteri dan lain-lainnya yang secara pisik kita katakan sebagai kekayaan kita, sesungguhnya itu semua adalah titipan dan milik Allah. Allah yang menentukan dan menetapkannya.

Untuk itu harus selalu ada usaha kita untuk bagaimana kita mendapatkan rezeki dari-Nya. Diyakini bahwa tujuh amalan berikut akan memudahkan dan mempercepat datangnya rezeki. Ketujuh amalan itu adalah, 

1. Bertakwa dan bertawakal;
2. Memperbanyak istigfar dan taubat;
3. Melakukan salat dhuha;
4. Membiasakan bersedekah;
5. Berbakti kepada orang tua;
6. Bersilaturahim;
7. Selalu eersyukur dalam setiap keadaan;

Pada hakikatnya tidak ada yang berat untuk diamalkan keseluruhan amalan di atas. Tinggal bagaimana kita membiasakannya dalam mengiringi ikhtiar dan usaha kita untuk mendapatkan rezeki. Tentu saja usaha dan ikhtiar jualah yang menentukannya. Apapun profesi kita, dilakukan dan diiringi dengan tujuh amalan di atas, insyaallah rezeki akan mudah turunya dari Allah.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: