Melihat Persiapan Siswa Mengikuti KSN


SETELAH beberapa siswanya sukses meraih nilai terbaik dalam lomba KSN (Kompetisi Sain Nasional) Tingkat Kabupaten beberapa waktu lalu, SMA Negeri 2 Karimun kini bersiap akan mengikuti KSN Tingkat Provinsi. Lima orang siswa terbaik akan mengikuti KSN Tingkat Provinsi Kepri mewakili Kabupaten Karimun bersama rastusan siswa dari sekolah lainnya se-Provinsi.

KSN Tingkat Provinsi tahun 2021 akan dilaksanakan secara daring di sekolah masing-masing. Semua siswa yang terpilih akan mengikuti KSN di sekolah masing-masing. Seperti dijelaskan oleh salah seorang guru SMA Negeri 2 Karimun, Siti Nurbaya AZ yang juga Wakil Ketua panitia KSN SMA Negeri 2 Karimun, siswa sekolahnya terpilih sebanyak lima orang siswa. "Mereka akan mewakili Kabupaten Karimun bersama beberapa siswa dari sekolah lain yang terpilih dalam KSN Tingkat Kabupaten kemarin," katanya.

Kepala SMA Negeri 2 Karimun, Sugiarto kepada media beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa persiapan anak-anaknya saat ini adalah akan mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan hari Senin (13/ 09/ 2021) ini. Kemarin terus melatih kemampuan anak didiknya, dan persiapan secara maksimal juga sudah dilakukan dengan sebaik-baiknya. Mreka akan siap sepenuhnya mengikuti KSN pada hari H-nya, katanya seperti disampaikan oleh guru SMA Negeri 2 Karimun yang ikut terlibat dalam kepanitiaan KSN ini.

Seperti sudah diketahui bahwa KSN tingkat Kabupaten Karimun sudah selesai beberapa waktu yang lalu. Terpilih 10 orang terbaik untuk setiap pelajaran dan berkesempatan menjadi utusan mewakili nama daerah untuk tingkat Provinsi. Ada juga beberapa sekolah lain dan dalam hal ini SMA Negeri 2 Karimun ikut ambil bagian karena berhasil masuk 10 besar. Begitu dia menjelaskan.  

Lomba yang digelar secara daring itu, membuat para guru dan Kepala Sekolah harus memutar otak agar anak-anaknya mampu meraih prestasi. Beberapa kendala yang ditemukan seperti referensi atau sumber, sehingga dihimbau agar dapat mencari materinya di internet dan di semua fasilitas yang ada, sehingga dapat membantu menambah pemahaman. Lebih detail Sugiarto menjelaskan tentang pelaksanaan KSN yang memerlukan persiapan yang super berat ini. Kegiatan ini dilaksanakan oleh provinsi yang berpusat di Tanjungpinang. Mereka yang akan memantau dari jarak jauh pelaksanaan KSN ini. 

Persiapan siswa khususnya, sekolah pada umumnya sangat menentukan keberhasilan siswa dalam KSN yang diikuti 100-an siswa se-Provinsi Kepri itu. Semua sekolah melakukan segala cara untuk keberhasilan KSN yang memang dilaksanakan di sekolah masing-masing. Anak-anak akan diberi soal secara daring dan harus dijawab secara daring  juga. Pengawas yang sudah ditentukan oleh Provinsi akan melaksanakan tugasnya di sekolah tempat siswa mengerjakan soal. Pengawasnya juga secara silang seperti pelaksanaan UN tahun-tahun yang lalu. Bagaimanapun persiapan siswalah yang akan menjadi tolok ukur keberhasilan nanti.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: