9 Jan 2022

Beberapa Kegiatan dalam Seharian


SATU diantara empat kegiatan yang menumpuk pada hari ini adalah kegiatan haji. Ada dua kegiatan untuk haji ini, pertemuan bulanan IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun sekaligu rapat pengurs IPHI Kabupaten. Dari pukul 08.30 hingga pukul 11.15 adalah kegiatan pertemuan bulanan. Selanjutnya ada rapat pengurus setelah acara pertemuan bulanan usai. Anggota IPHI lainnya  boleh pulang ke rumah masing-masing sementara pengurus harus menunggu rapat khusus.

Dua kegiatan ini melengkapi dua kegiatan lainnya, webinar Media Guru dan  pertemuan khusus yang masih berkaitan dengan literasi. Sesungguhnya masih ada satu kegiatan yang jika ada waktu saya juga bisa ikut, webinar Perruas (Perkumpulan Rumah Seni Asnur) yang menghelat acara pembubaran panitia Festival Perruas 2021. Jadi ada lima kegiatan sebenarnya pada hari Ahad (09/01/2022) ini. Disebut hari libur yang konon tidak ada lagi kegiatan selain hiburan, ternyata malah menumpuk pada hari ini berbagai kegiatan yang harus dijalankan.

Saya berusaha saja mengikutinya. Tentu saja tidak bisa terlalu fokus. Kegiatan haji waktunya bersamaan dengan webinar Media Guru. Maka harus dijalani dengan strategi sambilan. HP dan hadset dipakai untuk webinar tanpa membuka videonya sementara jam itu juga mendengarkan dan mengikuti kegiatan IPHI. Dalam kegiatan pertemuan, misalnya ada beberapa mata acara. Dimulai pembacaan ayat suci alquran, lalu sambutan Ketua IPHI (Pak Haris) dan acara intinya adalah tausiah agama oleh Buya Abadul Wahab Sinambela yang sekaligus menutup dengan doa.

Saat-saat mengikuti prisesi pertemuan haji itulah saya juga mengikiti webinar Media Guru.  Bahkan saat acara pertemuan usai dan dilanjutkan dengan kegiatan rapat pengurus, saya masih tetap bersama Media Guru  dalam webinar bertajuk lonching Majalah Literasi edisi Januari 2022. Menjelang pukul 12.30, saat webinar akan usai saya juga tetap aktif mengikuti rapat pengurus yang membahas program kerja IPHI 2022.

Begitulah. Selesai acara haji, ternyata saya masih punya satu agenda lagi. Meskipun sedikit lelah, saya berusaha tetap mengikuti kegiatan lanjutan di rumah. Beberapa kegiatan dalam satu seharian, itu memang sudah sering saya jalankan. Dalam usia lansia, berkegiatan dengan begitu padat tentu saja tidak mudah. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan kesempatan untuk menjalan kegiatan.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar