3 Apr 2022

Melihat Tarawih Malam Pertama di Masjid Agung Karimun


SEJAK kehadiran covid-19 inilah pertama kita menyaksikan maraknya tarwih di Masjid Agung, masjid Pemerintah Kabupaten Karimun. Kita sudah bisa mengucapkan kalimat, "Masyarakat memadati Masjid Agung Kabupaten Karimun, dalam mengikuti ibadah sholat tarawih berjamaah." Masjid terbesar di Kabupaten Berazam memang tampak penuh-sesak. Itulah pemandangan pada malam pertama Ramadhan 1443 Hijriyah, Sabtu (2/3/2022) saat Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq bersama rombongan melaksanakan solat tarwih di awal Ramadhan 1443 ini, malam tadi.

Sholat tarawih malam tadi, itu adalah solat tarwih perdana begitu penuhnya, setelah dua tahun terakhir sejak puasa Ramadhan tahun 2020 ditiadakan, karena pandemi covid-19. Itu pula berita di salah satu media online radioazam.id yang kita baca. Begitu juga pada media lainnya. Pemandangan yang mengharukan ini sudah lama didambakan masyarakat, bagaimana membludaknya jamaah tarwih di masjid.

Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq bersama Sekda Karimun, H. Muhammad Firmansyah serta para Kepala OPD Pemda Kabupaten Karimun tampak turut serta diantara jamaah yang hadir. Shholat yang dilaksanakan sebanyak 23 rakaat --tarwih berikut dengan witir-- itu, baru selesai sekitar pukul 21.40 WIB. Lumayan lama. Jamaah tetap khusyuk bersama imam solat yang bersuara merdu dan bacaannya yang fasih.

Begitu ramainya jamaah usai sholat tarawih, Bupati mengaku sangat bersyukur dan senang, karena pada Ramadhan tahun 2022 ini dapat bersama-sama masyarakat Kabupaten Karimun dalam menyambut bulan suci Ramadhan dengan sempurna. Ini anugerah rahmat terbesar yang dapat kita catat dalam prosesi tarwih malam pertama tahun ini.

“Sudah dua tahun kita tidak melaksanakan sholat tarawih berjamaah di Masjid, namun pada tahun 2022 ini sejalan dengan kondisi pandemi covid-19 yang melandai, dan dapat terkendali dengan baik di Kabupaten Karimun, sehingga kita dapat melaksanakan sholat sunnah tarawih berjamaah dengan begini ramai.” Satu kata pujian dan rasa bangga dari seorang Kepala Daerah.

Atas nama pemerintah Kabupaten Karimun, dia menyampaikan pesan agar dapat bersama-sama menjalankan ibadah pada bulan suci Ramadhan dengan khusyuk, penuh keimanan, kesabaran dan kerendahhan hati. Tak lupa pula tetap menaati protokol kesehatan dan vaksinasi. Demikian sebagian pesannya malam tadi.

Dengan begitu nantinya dalam melaksanakan puasa Ramadhan dapat berjalan dengan baik. Dengan harapan ketika sampai penghujung puasa mampu mencapai predikat taqwa sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 183,” jelasnya berpesan. Dia juga mendoakan seluruh masyarakat Kabupaten Karimun agar selalu dalam keadaan sehat, dijauhkan dari bencana dan bahaya, termasuk juga dikeluarkan dari kesulitan-kesulitan serta menghilangnya kasus covid-19 di Kabupaten Karimun, Harapan yang menjadi harapan semua masyarakat tentunya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar