6 Jul 2022

Ikut HUT Bhayangkara di Polres Karimun dapat Menyimak Amanat Presiden di Jakarta


ADA yang istimewa pada momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 yang digelar di Mapolres Karimun, Selasa (05/07/2022) semalam. Meskipun upacaranya di halaman Mapolres Karimun, Kepri tapi serasa ikut apel di Jakarta. Penyebabnya karena pada acara Apel HUT Bhayangkara dan Syukuran, ini disejalankan secara virtual mengikuti apel HUT yang sama yang dilaksanakan di Ibu Kota Negara sana. Inspekturnya sudah pasti presiden. 

Kegiatannya sendiri diawali dengan apel bersama dengan unsur TNI-Polri, Pemda, pimpinan Ormas dan instansi terkait. Melalui layar lebar peserta upacara di Mapolres Karimun merasakan ikut upacara yang sama yang dilaksanakan oleh jajaran kepolisian di Jakarta. Ketika MC di Jakarta mengatakan 'hadirin dimohon berdiri' maka para undangan yang duduk di kursi undangan saat apel itu juga ikut berdiri. Dan ketika presiden memberikan amanat untuk peserta di Jakarta sekalian peserta apel di Kabupaten Karimun ikut menyimak amanatnya.

Sehabis amanat presiden di Jakarta itulah seluruh peserta upacara di mapolres Karimun dipandu oleh MC-nya untuk melaksanakan tata tertib acara yang sudah disusun di sini pula. Salah satu mata acara yang disampaikan oleh MC adalah pemberian penghargaan kepada personel Polri yang berhasil meraih berbagai prestasi. Berbagai pencapaian yang telah diraih jajaran Polres Karimun itulah yang mendapat apresiasi tidak hanya Kapolres, AKBP Toni Pantano tapi juga datang dari Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq.

Penghargaan itu tentu saja untuk memberikan motivasi dan semangat agar terus berdedikasi memberikan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Karimun. Itu salah satu pernyataan bupati saat memberikan pengarahan. Pak Rafiq mengatakan bahwa wilayah Kabupaten Karimun yang berada di kawasan perbatasan dan terluar sekaligus berdekatan dengan dua negara tetangga, tentu memerlukan kerja keras untuk menjaganya agar tetap kondusip. Secara jelas bupati menyebut masalah narkoba yang yang selalu menajdi masalah di Negeri Berazam ini. 

Bupati menjelaskan bahwa peluang peredaran narkoba di Karimun cukuplah tinggi. Untuk itu diperlukan kerja keras dan kerja sama semua pihak agar bisa mencegah peredarannya. Sebagai daerah transit narkoba sebelum beredar ke daerah lain, Karimun sudah pasti sangat rentan sebagai daerah yang diincar bandar untuk mengedarkan narkoba. Begitu orang nomor satu itu mengingatkan.

Tentang amanat Presiden yang secara langsung dapat disimak oleh semua peserta apel juga menjadi perhatian tentunya. Ketika presiden mengingatkan Polri yang harus semakin maju dan Presisi dalam mengemban amanat dan tanggung jawab khususnya di bidang keamanan peserta apel tentu saja sangat berharap agar polisi di Karimun dapat mewujudkan amanat presiden itu. Presisi yang berarti prediktif, responsibilitas dan transparansi berarti Polri wajib mampu membuktikan konsep itu dalam tuags dan tanggung jawabnya. Dengan itu jargon 'Indonesia tumbuh, Indonesia tangguh' yang selalu didengungkan presiden segera menjadi kenyataan.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar