30 Juli, 2022

Ketua PD IPHI Karimun: Pertemuan Bulanan Haji Kita Laksanakan Agustus Nanti


INILAH, setelah meredanya covid-19 aktifitas pertemuan bulanan haji akan kita mulai. Sekaligus karena jamaah haji juga sudah kembali, kita sejalankan. Pertemuan bulanan haji akan kembali kita mulai pada Agustus nanti. Demikian antara lain salah satu keputusan Rapat Pengurus IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun pada rapat pengurus yang dilaksanakan Jumat (29/07/2022) siang di ruang rapat Kantor FKUB Kabupaten Karimun. Rapat yang dihadiri oleh pengurus harian dan ketua-ketua bidang, itu membicarakan beberapa agenda.

Rapat dibuka dan dipimpin oleh Ketua PD IPHI, H. Haris Fadilah yang juga dihadiri Sekretaris Umum, H. Sufriadi dan beberapa orang pengurus harian. Setelah mendata peserta yang hadir, Ketua PD IPHI membuka rapat dengan menyampaikan beberapa agenda yang akan dibahas. "Agenda utama yang akan kita bicarakan adalah rencana pertemuan bulanan haji yang sudah tertunda disebabkan covid-19," jelas Pak Haris. Dia minta untuk pertemuan bulan Agustus 2022 nanti tidak ditunda lagi.

"Untuk pertemuan bulan Agustus kita rencanakan akan dilaksanakan pada Ahad, 14 Agustus 2022," katanya. Pak Ketua sekaligus menjelaskan bahwa yang akan menjadi tuan rumah atau pelaksana adalah PC IPHI Kecamatan Karimun. "Itulah sebabnya Ketua PC Karimun kita undang dalam rapat ini." Pak Haris sekaligus memperkenalkan dua orang pengurus IPHI Kecamatan Karimun yang baru saja dipilih sebagai Penggantian Antar Waktu (PAW) keperngurusan yang kosong.



Untuk acara pertemuan bulan Agustus nanti disejalankan dengan peringatan Tahun Baru Hijriyah 1444 dan penyambutan jamaah haji Kabupaten Karimun musim haji 1443 yang baru saja kembali dari Tanah Suci. "Kita sepakati untuk mengundang semua jamaah haji yang baru kembali. Khusus yang berada di Pulau Karimun diharapkan untuk hadir semuanya yang 55 orang itu. Untuk jamaah di luar Pulau Karimun (21 orang) kita undang tapi tergantung kesempatan dari mereka." Dijelaskannya juga bahwa undangan akan dibuat oleh PD IPHI dan disebarluaskan oleh PC IPHI ke anggota dan pengurusnya.
 
Agenda lainnya yang dibicarakan adalah rencana pemotongan hewan kurban di IPHI. "Sebagian pengurus sudah berkurban di tempat masing-masing. Saya ingin kita juga melaksanakan pemotongan hewan kurban di PD IPHI. Kita laksanakan di Gedung Balai Haji nanti. Dagingnya bisa kita salurkan ke PC IPHI yang mungkin tidak melaksanakan pemotongan hewan kurban." Demikian Ketua menyampaikan perihal rencana pemotongan hewan kurban di kalangan PD IPHI Kabupaten Karimun.



Untuk agenda ini disepakati tahun 1444 nanti pengurus akan mengelola pemotongan hewan kurban. Dihahrapkan pengurus mendaftar di panitia yang akan dibentuk. Uang kurbannya bisa dengan cara cicil atau menabung sejak awal tahun atau bisa juga dengan sekaligus nanti menjelang bulan Zulhijjah. Jika satu lembu untuk tujuh orang dengan perkiraan uangnya 3.6 jt, uang itu bisa diangsur misalnya 300 rb per bulannya. Disepakati juga, jika tabungan kurbannya menjelang akhir tahun belum cukup dapat dilanjutkan untuk tahun berikutnya. ***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: