13 Nov 2022

Pengurus MTP IPHI Tiga Kecamatan Dikukuhkah


BERSEMPENA  Pertemuan Bulanan IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun edisi November 2022 Pengurus Daerah (PD) IPHI Kabupaten Karimun sekaligus melaksanakan pengukuhan kepengurusan MTP (Majelis Taklim Perempuan) IPHI Kecamatan. Tiga PC (Pengurus Cabang) IPHI Kecamatan yang baru saja melaksanakan pemilihan pengurus MTP masing-masing Kecamatan Karimun, Meral dan Tebing kepengurusannya dikukuhkan oleh Ketua MTP IPHI Kabupaten, Dra. Hj. Khairiyah.

Ketua PD IPHI Kabupaten Karimun, H. Haris Fadillah yang diwakili oleh Ketua I, Drs. H. Samsudin menjelaskan, bahwa pada pertemuan bulanan edisi November ini ada tambahan kegiatan selain kegiatan rutin, pengajian (tausiah) agama. Sesuai hasil rapat pengrus IPHI sebelumnya bahwa pada pertemuan bulanan kali ini akan dilakukan pengukuhan pengurus tiga MTP dari tiga kecamatan, Karimun, Meral dan Tebing. Demikian disampaikannya dalam sambutan mewakili Ketua PD IPHI.

Prosesi pertemuan dan pengukuhan berjalan dengan lancar. Hadir pada pertemuan kali ini Bupati Karimun yang diwakili Asisten I, Dr. Sularno, MSi dan Kakankemenag Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri M. Noor. Hadir juga camat dari kecamatan yang pengurus MPT-nya dikukuhkan. Sesuai hasil rapat Senin (07/11/2022) lalu, bertindak selaku tuan rumah atau penanggung jawab kegiatan adalah PC IPHI Kecamatan Meral.

Pak Sularno yang mewakili Bupati Karimun, memberikan sambutan setelah Ketua PD IPHI. Dalam sambutannya, Pak Larno menyatakan apresiasi kepada PD IPHI Kabupaten Karimun yang melaksanakan Pertemuan Bulanan anggota IPHI secara rutin. Sebelumnya dia menyampaikan salam dan maaf Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq yang tidak bisa hadir karena ada acara lain dalam waktu yang bersamaan. Pada kesempatan sambutan, Pak Larno juga memohon doa kepada hadirin untuk diijabah Allah niatnya untuk menunaikan haji.

Acara pertemuan dan pengukuhan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh salah seorang anggota IPHI Kabupaten Karimun. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Kabupaten Karimun dan Mars IPHI. Selanjutnya pembacaan SK (Surat Keputusan) Ketua MTP PD IPHI Kabupaten tentang kepengurusan MTP IPHI Kecamatan Karimun, Meral dan Tebing diikuti dengan pengukuhan pengurus oleh Ketua MTP IPHI Kabupaten Karimun.

Setelah pembacaan ikrar oleh seluruh pengurus dengan dipandu oleh salah seorang Ketua MTP Kecamatan dan penyerahan SK Pengurus dilanjutkan dengan berfoto bersama antara seluruh pengurus MTP Kecamatan dengan pejabat yang hadir. Setelah itu dilanjutkan dengan pidato sambutan dan tausiah.

Ketua PD IPHI yang diwakili H. Samsuddin mengatakan bahwa pertemuan bulanan IPHI memang penting sebagai ajang silaturrahim sesama anggota IPHI. Dijelaskan bahwa pertemuan bulanan ini rutin dilaksanakan sebulan sekali. Pak Sam tidak banyak berpidato. Lebih kepada laporan kepada Pak Sularno sebagai mewakili Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq. Selanjutnya sebagai acara terakhir adalah tausiah agama oleh Ustaz Azwardi yang sekaligus memandu doa.

Beberapa pesan Ustaz Azwardi dalam tausiahnya antara lain, mengingatkan jamaah bahwa nanti di yaumil akhir ada tiga amalan yang tidak akan ditimbang oleh Allah. Artinya amalan ini tidak masuk hitungan. Amalan model begini, kata akan sia-sia saja bagi yang melakukannya. Pertama solat yang dilaksanakan dengan tegesa-gesa; Kedua, zikir kategori lalai. Maksudnya tidak tepat bacaannya; Ketiga, bersolawat kepada Nabi tapi tidak dengan hormat dalam arti tidak untuk mengagungkan Nabi Muhammad Saw. Oleh karena itu, Ustaz mengingatkan jamaah haji untuk tidak termasuk kepada kelompok amalan seperti ini.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Komentar