16 Jan 2023

Gerak Jalan Kerukunan HAB Kemenag


HARI Sabtu (14/01/2023) pagi itu cuaca sangat baik. Teduh tanpa angin seperti biasanya. Juga terasa sejuk berembun pertanda cuaca akan terang hingga siang. Tidak akan ada hujan seperti beberapa hari dalam bulan-bulan belakangan. Ratusan bahkan ribuan manusia sudah mulai memenuhi halaman depan Kankemenag (Kantor Kementerian Agama) Kabupaten Karimun. Pada umumnya mereka adalah keluarga besar Kemenag Kabupaten Karimun dan pegawai Kemenag Kabupaten/ Kota di luar Karimun serta undangan lain.

Hari itu Kankemenag ada acara. Hari itu adalah puncak peringatan HAB (Hari Amal Bakti) Kemenag RI ke-77 Tahun 2023. HAB sendiri sesungguhnya diperingati berkaitan peringatan lahirnya Kementerian (Departemen) Agama yang jatuh pada tanggal 3 Januari. Tanggal ini berkaitan dengan ditetapkannya Menteri Agama untuk pertama kali pada tahun 1946. Setiap tahun di awal tahun selalu diperingati dengan sebutan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia. 

Pada kegiatan peringatan HAB Kemenag Kabupaten Karimun tahun ini sekaligus merupakan peringatan HAB tingkat Provinsi Kepri yang dipusatkan di Kemenag Karimun. Pada peringatan HAB tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan sebagaimana dilaporkan oleh Kakankemenag Kabupaten Karimun pada puncak acara bersamaan peresmian pemakaian Gedung PLHUT (Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu) Kemenag Kabupaten Karimun. 

Salah satu kegiatan HAB ini adalah gerak jalan sehat yang diberi titel Gerak Jalan Kerukunan untuk Indonesia Hebat selain beberapa kegiatan lainnya seperti sudah diberitakan sebelumnya di halaman ini.  Oleh panitia HAB Karimun, gerak jalan ini disebuat Gerak Jalan Sehat Kerukunan karena diikuti juga oleh berbagai penganut agama. Sekaligus itu menjadi tema peringatan HAB tahun ini. Dan Gerak Jalan Sehat Kerukunan ini hanyalah satu kegiatan dari banyak kegiatan yang dihelat Kemenag Karimun tahun ini.

Menurut salah seorang panitia, Drs. H. Samsudin, HAB ini merupakan HAB Tingkat Kemenag Provinsi Kepri yang dipusatkan di Kemenag Karimun. Jadi, para pegawai Kemenag se-Provinsi Kepri hadir di Karimun saat ini. "Menurut Pak Kakanwil, ada 200-an pegawai Kemenag se-Provinsi Kepri yang berasal dari Kemenag Kabupaten/ Kota luar Karimun yang hadir dalam memeriahkan acara ini." Demikian Pak Sam menjelaskan. 

Gerak jalan kerukunan sendiri akan diikuti oleh ribuan masyarakat yang sudah memenuhi halaman kantor sejak pukul 06.30 pagi. “Ini adalah Gerak Jalan Sehat Kerukunan untuk Indonesia Hebat,” kata Pak Samsudin menjelaskan berkaitan tema peringatat HAB pada tahun ini. Menurut sumber lain ada 4000-an lembar kupon disediakan panitia untuk cabutan doorprize dalam gerak jalan ini. Hadiah-hadiah pun cukup banyak disedikan oleh sponsor. Ada telvisi 42 inch, mesin cuci, sepeda dan banyak hadiah lainnya.

Setelah dilepas oleh Kakanwil Kemenag Kepri bersama Gubernur Kepri dan didampingi juga oleh Bupati dan Wakil Bupati Karimun peserta pun bergerak berjalan sesuai rute yang sudah ditentukan.  Menurut panitia peserta gerak jalan diperkirakan berjumlah 4000-an orang yang mengikuti gerak jalan sehat ini. Kakankemenag sendiri secara tidak langsung menyebut angka itu karena semua kupon habis. "Saya mudah saja menghitung jumlah peserta, berdasarkan jumlah kupon yang habis," jelasnya. 

Rute jalannya di sepanjang jalan di lingkungan Kompleks Bupati Karimun menuju jalan Poros dan kembali ke halaman Kankemenag. Diperkirakan 4-5 km jarak yang akan ditempuh peserta. Kupon dibagi-bagikan kepada peserta gerak jalan setelah akan memasuki garis finish. Secara keseluruhan gerak jalan ini berlangsung aman dan lancar hingga ke pencabutan hadiah doorprize.***



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar