15 Jan 2023

Peringatan HAB Kemenag dan Peresmian PLHUT Kemenag Karimun


NAMA kegiatan yang tertera di spanduk di depan itu adalah Tasyakuran Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-77 Tahun 2023 Disejalankan dengan Peresmian Pemakaian Gedung Pusat Pelayanann Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) dan Ruang Kelas Baru MTsN Karimun. Tercantum juga tulisan Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat yang merupakan tema kegiatan yang dihelat Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karimun hari Sabtu (14/01/2023). Salah kegiatan itu adalah Gerak Jalan Kerukunan.

Setelah kegiatan gerak jalan itulah acara Tasyakuran dilaksanakan. Bertempat di halaman Gedung PLHUT Kemenag Kabupaten Karimun hadir Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kepri, Dr. H. Mahbud Daryanto, MPd I dan jajarannya, para Kepala Kemenag Kabupaten/ Kota se-Kepri dan jajarannya serta tentu saja para pegawai di Kankemenag Kabupaten Karimun serta undangan lainnya selain pejabat teras Kabupaten Karimun. Tampak juga Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepri, Dr. H. TS. Arif Fadillah, S Sos MSi yang mewakili Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, SE MM.

Prosesi acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Lagu Mars Karimun dan Solawat Busyro Karimun. Lalu pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh salah seorang karyawan di lingkungan Kemenag Kabupaten Karimun, Jumiatun. Selanjutnya pembacaan doa oleh H. Syamsul Arif yang merupakan salah seorang Kepala KUA di salah satu kecamatan di Kabupaten Karimun. 

Dilanjuutkan dengan Laporan Panitia yang disampaikan oleh Kakankemenag Karimun, Drs. H. Jamzuri, MMPd. Dalam laporannya Pak Jam mengatakan antara lain bahwa kehadiran para undangan dari berbagai kabupaten/ kota se-Kepri di sini adalah berkah bagi Kemenag khususnya dan Kabupaten Karimun umumnya. Para tamu ini pasti akan memberi kontribusi bagi daerah kita ini.

Kakankemenag melaporkan beberapa kegiatan yang sudah dan sedang dilaksanakan dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Provinsi Kepri yang dipusatkan di Kankemenag Kabupaten Karimun. Kegaiatan pertama, upacara HAB di Kantor Bupati dengan Pembina Upacara Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq. Dihadiri oleh pejabat kabupaten dan seluruh keluarga Kemenag Kabupaten Karimun, khususnya yang berada di Pulau Karimun. Kedua, Silaturrahim di Rumah Dinas Bupati Karimun yang dihadiri jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Kepri.

Pak Zamzuri juga melaporkan beberapa kegiatan lain seperti jalan sehat kerukunan, bazar UMKM di bawah Kemenag Kabupaten Karimun serta beberapa acara lainnya. "Terakhir adalah peresmian Gedung Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) yang beralngsung saat ini," katanya. Acara ini sekaligus tasyakkuran dalam rangka HAB tahun ini," jelasnya. Untuk seluruh kegiatan itu dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, panitia dan sponsor acara ini. 

Bupati Karimun yang  diwakili Sekda, Dr. Muhammad Firmansyah yang memberikan sambutan menyampaikan terima kasih Pemerintah kepada jajaran kemenag yang selalu bersinergi dalam membina dan mengelola keagamaan di Kabupaten Karimun. "Alhamdulillah, Karimun terasmuk daerah yang kondusif kehidupan beragamanya. Ini berkat kerja sama semua pihak, khususnya jajaran Kemenag," katanya. Dia meminta ini terus bisa dipertahankan.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kepri. Dia memberikan apresiasi kepada jajaran Kemenag Kabupaten Karimun yang menajdi tuan rumah dalam rangka HAB Kemenag ke-77 Provinsi Kepri tahun ini. "Pada hari di seluruh Indonesia dilaksanakan kegiatan yang sama," jelasnya. "Kami dari luar Karimun hadir sebanyak 200 orang dalam rangka HAB ini." Begitu dia menjelaskan. Sebagai wilayah yang kondusif kehidupan bergamanya, kita perlu terus mempertahankan kerukunan ini dengan sebaik-baiknya."

Pada kesempatan ini Kanwil Kemenag juga mengumukan pemberian penghargaan Kemenag Kepri ke Kemenag Kabupaten/ Kota se-Provinsi Kepri dengan berbagai kategori. Semoga penghargaan itu menambah semangat kebersamaan dan semangat bekerja untuk terwujudnya Indonesia Hebat sebagai tema HSB tahun ini, katanya mengakhir pidato.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar