11 Mei 2023

Malam Pembukaan STQH Provinsi Kepri di Putri Kemuning Coastal Area Karimun


Catatan M. Rasyid Nur
DIAWALI penampilan Tari Persembahan secara masal oleh para siswa SLTA Pulau Karimun, malam pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke-10 Tingkat Provinsi Kepri tahun 2023 dibuka resmi oleh Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, SE MM di lapangan Putri Kemuninag Coastal Area, Karimun, Selasa (09/05/2023) malam. Hadir dan menyaksikan antara lain Wakil Gubernur, Anggota DPD RI Dapil Kepri, Anggota DPRD Kepri, para Bupati / Walikota se-Kepri, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota dan undangan. Tampak ribuan masyarakat Karimun antusias menghadiri kegiatan itu.

Setelah tari persembahan usai dilanjutkan dengan defile kafilah yang diikuti oleh seluruh peserta STQH sebagai kafilah Kabupaten/ Kota se-Kepri. Dengan melambaikan tangan ke podium para peserta defila yang masing-masing dipimpin oleh pejabat kabupaten/ kota mereka tampak sumringah memberikan senyum kepada undangan di atas pentas. Berturut-turut acara berikutnya adalah Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Kabupaten Karimun dan kumnadang Solawat Busyro. Pembacaan Al-Qur'an sendiri dilantunkan oleh Darwin Hasibuan, qori Internasional yang sudah memenangkan lomba Nasional dan Internasional. 

Sebelum sambutan bupati, Kakanwil Kemenag Keperi dan gubernur acara diawali dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Kakankemenag Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri. Kakankemenag harus berjalan lumayan jauh dari pentas ke podium (astaka) utama untuk memandu doa. Begitu juga Kakanwil, Bupati dan Gubernu harus berjalan kurang-lebih 70 detik untuk sampai ke podium utama.
Bupati Karimun dalam sambutannya mengatakan, meskipun STQ atau MTQ adalah rutinitas di setiap tahun namun harus ada pesan-pesan di dalamnya yang dapat dipetik. Pak Bupati mengatakan bahwa MTQ atau STQ yang sudah menjadi kultur dan budaya masyarakat Indonesia terutama di Kepulauan Riau hendaknya dapat kita petik pesan-pesan penting di dalamnya. Bupati berharap Alquran menjadi inspirasi dalam moderasi beragama, milsanya. Membimbing dan mengajarkan kita untuk toleransi dan solusi dalam memecahkan masalah umat. 

Selain itu, bupati juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemda Kepri ini dan dia berharap semoga pelaksanaan STQH berjalan sukses dan mendapatkan ridho Allah karena Alquran menjadi penolong bagi hamba yang membacanya dan menyimaknya. Selain itu, katanya, STQH pun dapat menjadi ajang terjalinnya silaturahim dan kekeluargaan sehingga Kepri menjadi negeri yang sejahtera lahir dan bathin.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto dalam sambutannya menyebutkan bahwa secara tekstual Alquran sangat berbeda dengan kitab lainnya karena bagi yang membacanya akan mendapatkan keridhoan Allah. Katanya lagi, pelaksanaan tahun ini mengalami peningkatan dan memiliki dampak kebaikan kepada masyarakat. Kemenag mengapresiasi Pemerintah Daerah dalam kegiatan keagamaan dan hasilnya Kepri meraih indeks kerukunan terbaik secara nasional. Pak Kakanwil menjelaskan data yang dikeluarkan oleh Kemenag RI.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad dalam sambutan pengarahannya berharap Dewan Hakim obyektif dalam melakukan penilaian sehingga membuahkan hasil yang maksimal. Selain itu dia juga menjelaskan harapannya kiranya perhelatan STQH ini dapat meningkatkan ekonomi rakyat. Katanya, perhelatan ini menjadi akan memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat Karimun. Selain itu jelasnya, STQH juga diharapkan dapat membentuk generasi qurani dan Kepri menjadi baldatun toyyibatun warabbun ghofur dengan keberkahan Alquran. Harapan yang sangat mulia, bukan hanya dari gubernur tapi juga dari seluruh rakyat Kepri semuanya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar