29 Agu 2023

Ormas Menyatukan Kelompok Masyarakat (Catatan Ikut Webinar)


UNTUK ke sekian kali saya mengikuti webinar yang dilaksanakan oleh Kemdagri, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Direktorat Organisasi Kemasyarakatan. Selaku Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten saya berusaha ikut langsung setiap kali ada undangan. Jika tidak bisa karena alangan tertentu akan ada perwakilan FKUB Kabupaten Karimun mengikutinya. Pesertanya biasanya mencapai angka 1000-an orang mencakup seluruh Indonesia. 

Sebagaimana kita pahami bahwa Ormas (Organisasi Massa, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan) didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Kriteria itu disampaikan kembali oleh narasumber pada Webinar yang dilaksanakan hari Selasa, (01.08.2023) beberapa waktu lalu itu. Secara rinci narasumber menjelaskan bahwa Ormas, itu ada tiga kategori, 1) Ormas Agama; 2) Ormas Adat dan Budaya; dan 3) Ormas Nasional. Maksudnya, kriteria ini mengacu kepada tujuan, lokasi dan target dibentuknya Ormas itu sendiri. 

Satu hal yang penting adalah dengan melihat banyaknya manfaat dari keberadaan Ormas itu sendiri. Satu Ormas yang anggotanya terdiri dari berbagai kelompok masyarakat, misalnya, sudah pasti keberadaan Ormas ini akan sangat berguna dalam usaha menyatukan kelompok atau perorangan dari masyarakat itu sendiri. Sebuah Ormas yang beranggotakan beraneka orang dan kelompok orang, sudah pasti akan menajdi penyatu dari orang-orang atau kelompok orang yang ada di dalam Ormas itu sendiri. 

Manfaat ini disampaikan juga oleh salah seorang narasumber yang menjadi pembicara dalam Webinar kali ini. Katanya, dari masyarakat perorangan atau kelompok orang yang tadinya bisa jadi masih terpecah-pecah oleh perbedaan keinginan dan harapan, dengan bergabungnya dalam satu Ormas, otomatis mereka akan menjadi bersatu, khususnya dalam mewujudkan harapan Ormas itu sendiri. Inilah fungsi penting dari sebuah Ormas.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar