10 Sep 2023

Bermalam Ahad di Tempat Sendiri


Catatan M. Rasyid Nur
JIKA kabupaten sendiri --sebagai tempat tinggal-- diibaratkan tempat sendiri ketika berlibur di akhir pekan, misalnya, maka berlibur di Kabupaten Karimun, ini kita (orang Kabupaten Karimun) memiliki tempat-tempat yang tidak di satu pulau atau daratan saja yang membuat perasaan kita tidak berlibur di daerah sendiri. Dengan kurang lebih 240 pulau (besar kecil) artinya kita bisa memilih salah satu pulau untuk berakhir pekan meninggalkan rumah tempat tinggal. Sebutlah berlibur. Itu artinya kita serasa pergi jauh.

Akhir pekan ini, misalnya saya dan isteri bersama satu orang cucu pergi berakhir pekan ke Kota Moro, di Pulau Moro. Artinya kami meninggalkan rumah di Meral, Karimun (Pulau Karimun). Saya menyebut pergi berlibur di tempat sendiri saat ke Moro itu. Tidak pergi keluar jauh, keluar kabupaten sendiri. Itulah yang saya maksud berlibur di tempat sendiri. Berlibur ini juga saya sebut bermalam Ahad atau dulu orang menyebutnya bermalam Minggu.

Bermalam Ahad di tenpat sendiri kami maksudkan untuk tidak pergi jauh-jauh keluar dari Kabupaten Karimun sendiri. Sesungguhnya selain ke Moro, bisa juga ke Tanjungbatu (Pulau Kundur), ke Telunas (Pulau Sugie) dan beberapa lokasi lainnya.

Tempat-tempat itu tentu saja tidak memiliki fasilitas semacam hotel yang banyak seperti di Kota Batam atau Tanjungpinang, misalnya. Ini pun untuk menyebut di provinsi sendiri saja. Tidak harus keluar provinsi sendiri, misalnya.

Sebenarnya dengan tidak keluar dari daerah sendiri kita tidak harus menggunakan uang kita di daerah lain. Artinya, jika analogi negara, kita tidak perlu membuang-buang devisa kita ke tempat lain. Uang kita cukup berpurar di daerah sendiri. Dan sikap ini penting diamalkan oleh setiap orang. Tujuannya uang satu daerah cukup berputar di daerah sendiri.

Sesungguhnya, bagi saya bukanlah menggunakan uang atau tidaknya di daerah lain saja. Hal utama sebenarnya adalah bagaimana memanfaatkan tujuan-tujuan wisata (tempat berlibur) di daerah sendiri. Jika kita sendiri melakukan begitu artinya kita ikut memajukan daerah sendiri.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar