29 Okt 2023

Catatan Pertemuan Silaturrahim Haji 2018 di Rumah Pak Khairi


PERTEMUAN bulanan silaturahim haji-hajjah angkatan tahun 2018 kembali dilaksanakan hari Ahad (29/10/2023) ini. Bulan Oktober (2023) ini dilaksanakan di rumah Pak H. Khairi/ isteri, di Jelutung, Meral Barat. Sejatinya pertemuan edisi ini dilaksanakan di bulan September lalu. Namun tersebab beberapa hal Pak Khairi sebagai tuan rumah minta ditunda ke bulan ini. Jadilah pertemuan bakda zuhur ini.

Anggota haji tahun 2018 yang pada musim haji waktu itu kebetulan berada dalam satu keloter bahkan satu rombongan membuat kesepakatan untuk mengadakan pertemuan bulanan. Setiap bulan satu kali. Keinginan itu tercetus sepulang dari Tanah Suci. Tujuannya untuk tetap terjalinnya hubungan silaturrahim antar sesama haji-hajjah dalam musim yang sama. Silaturrahim sendiri sudah terjalin selama berada di Tanah Suci saat menunaikan ibadah haji. Selama 40 hari bersama tentu saja terasa begitu akrab di sana. Itulah yang ingin dijaga dan dipertahankan.

Sekembali ke Tanah Air rombongan ini membuat semacam persatuan atau kelompok. Persatuan atau kelompok silaturrahim haji sesama satu angkatan. Ada sebanyak 40-an orang anggota saat awal dibuka. Setelah beberapa tahun kini jumlahnya memang berkurang namun pertemuan bulanannya tetap terlaksana dalam satiap bulan. Jika harus tertunda ke bulan depan, pertemuannya tetap dilaksanakan.

Setelah berjalan hampir lima tahun terasa kalau kelompok silaturrahim ini memang terasa ada manfaatnya. Setidak-tidaknya hubungan silaturrahim itu terus terjalin antar anggota. Setiap anggota merasa kalau kunjungan ke rumah-rumah anggota ini membuat hubungan antara sesama anggota semakin erat. 

Pertemuan sore ini, di rumah Pak H. Khairi dan isteri adalah pertemuan kesekian kali sejak kurang lebih empat tahun lalu. Mulai pertemuan ini, anggota melaksanakan kesepakatan pada pertemuan sebelumnya yakni dengan salah satu acaranya membaca surah yasin dan berdoa untuk keluarga yang telah tiada. Di rumah Pak H. Khairi pula pertama kali kelompok ini menggunakan pengeras suara dalam acaranya. Semoga saja pertemuan dan silaturrahim ini akan berjalan selamanya.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar